fbpx
Mobil & MotorTrik & Tips

Yuk Simak Tips Mengatasi Suara Berisik Pada Kabin Mobil, Dijamin Ampuh!

Disaat kita mengendarai mobil, kita pasti akan menginginkan kenyamanan di dalam kabin yang senyap karena hal itu akan sangat melegakan. Namun tidak jarang bila beberapa mobil dapat menimbulkan suara berisik yang mengganggu, kebanyakan dari itu biasanya dialami oleh mobil yang sudah lumayan tua, namun juga tidak menutup kemungkinan dialami oleh mobil yang masih muda.

Hal yang sangat mengganggu ini pastinya butuh untuk kita ketahui yakni tentang apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Seperti yang dikutip dari Otonity yang dilansir dari laman resmi Daihatsu Indonesia, inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Ganti oli gardan

Kadangkala bunyi berisik yang ada di mobil juga bisa bersumber dari gardan mobil, untuk mengatasi hal ini, kamu dapat menggantinya dengan oli yang lebih kental. Solusi ini juga terbilang mudah karena kamu juga tidak perlu untuk mengganti gardan.

Namun kamu juga harus mengganti gardan bila ternyata memang ada bagian yang rusak pada komponen tersebut, tapi jika belum parah kamu juga bisa menyetel ulang agar gardan tidak semakin rusak.

BACA JUGA  Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Tetap Prima Saat New Normal

Mengganti komponen yang rusak

Saat komponen mobil kamu memiliki masalah, terutama yang terdapat pada kaki-kaki mobil, hal ini biasanya akan terdengar berisik jika mobil kamu melaju pada kecepatan sekitar 50 km/jam atau bisa lebih. Hal ini kadang salah satunya disebabkan oleh bushing arm yang sudah mulai aus atau bahkan bisa saja sudah pecah. Selain itu, bisa juga terjadi pada bagian seperti tie road, ball joint, shockbreaker. Untuk mengatasinya kamu harus mengganti komponen yang rusak dengan yang baru.

Lumasi dengan grease

Kadangkala bunyi berisik di dalam kabin mobil bisa saja disebabkan oleh gesekan antara logam yang terdapat di dalam kabin mobil. Untuk mengatasinya, kamu harus memeriksa bagian yang kemungkinan menjadi sumber suara berisik pada mobilmu, jika kamu telah menemukannya, lumasi komponen tersebut dengan menggunakan grease, hal itu untuk menghindari gesekan yang lebih parah.

Memasang peredam suara

Ada beberapa jenis peredam suara yang dapat digunakan, ada yang terbuat dari berbagai macam material seperti karet yang telah dilapisi dengan aluminium foil, ada juga yang berbahan glasswool, dan bahkan juga ada yang terbuat dari aspal.

BACA JUGA  Kamu Harus Tahu! Ini Dia Manfaat Tersembunyi Dari Jahe

Kamu dapat memasang peredam suara tersebut pada bagian-bagian penting seperti di dasar mobil. Hal ini bertujuan untuk mengurangi suara decitan atau suara percikan air saat turun hujan.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi suara berisik pada kabin mobil.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close