fbpx
TravelUncategorized

Yuk Simak, Fakta Benua Antartika Yang Tidak Kalah Menarik Untuk Dibahas

Saat kita ditanya tentang daerah terdingin di muka bumi, maka kita akan menjawab daerah yang terdingin di bumi ini adalah Antartika atau Kutub Selatan.

Meskipun disana memiliki suhu yang sangat dingin, namun masih ada makhluk hidup yang hidup di sana. Selain itu masih ada banyak keunikan yang terdapat pada benua terdingin tersebut.

Untuk itu mari kita simak beberapa fakta unik tentang benua Antartika.

  1. Antartika merupakan gurun terluas di dunia

Benua ini memiliki luas sekitar 14 juta m2 dan 13,7 juta m2 di antaranya tertutup oleh es abadi. Karena alamnya yang sangat ekstrem, benua ini menjadi daratan yang sangat tandus berangin kencang, dari fakta-fakta itulah kemudian Antartika dianggap sebagai gurun.

  1. Siapa yang memiliki benua Antartika?

Antartika adalah benua tanpa negara dan tanpa pemerintahan, meskipun begitu ada aturan tentang kedaulatan negara dan harus netral secara politik di Antartika yaitu Antartic Treaty System. Ada 49 negara yang menandatangani persetujuan itu serta memiliki hak untuk menggunakan daerah tersebut sebagai tujuan penelitian.

BACA JUGA  Inilah 7 Fakta Menarik Didi Kempot Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Untuk itu terdapat 5000 ilmuwan yang tinggal sementara di sana, namun saat musim dingin berkurang menjadi 1000 ilmuwan yang menetap.

  1. Satu-satunya benua tanpa zona waktu

Biasanya suatu wilayah di bumi memiliki zona waktu berdasarkan urutan waktu GMT yaitu sebuah waktu yang berada di Greenwich, Inggris sebagai patokannya.

Namun berbeda dengan Antartika, jika kamu ke sana bertemu dengan seseorang, biasanya mereka menggunakan zona waktu negara asalnya, jadi jangan heran kalau beberapa orang akan menjawab dengan waktu yang berbeda-beda.

  1. Tumbuhan dan hewan yang hidup di Antartika

Tebalnya es dan tanah yang buruk, serta sinar matahari yang sangat minim, membuat benua ini hampir tidak ada tumbuhan yang hidup disana. Hanya lumut yang lebih dari 100 spesies, 25 liveworts, dan 2 spesies tanaman bunga yang hanya bisa tumbuh pada musim panas dan hilang saat musim dingin.

Sumber: DW

Sedangkan diantara spesies hewan yang hidup di sana antara lain adalah pinguin raja, penguin kaisar, ikan paus biru, anjing laut, serta beberapa spesies serangga. Selain itu benua ini merupakan benua satu-satunya yang tidak memiliki reptil.

  1. Suhu di Antartika
BACA JUGA  NASA Temukan Adanya Dunia Pararel, dimana Waktu Berjalan Mundur

Suhu rata-rata yang tercatat di sana adalah -57° C, suhu terendah nya yaitu -90° C, sedangkan suhu terpanas yang pernah tercatat 15° C. Angin di benua ini bertiup dengan kecepatan 320 km/jam.

Suhu dingin yang ada di benua ini dikarenakan beberapa faktor yaitu karena benua ini hanya menerima sinar matahari dengan waktu yang singkat dalam satu tahunnya, tinggi rata-rata benua ini pun 2800 mdpl, sementara itu atmosfer Antartika sangatlah tipis hampir 80% sinar matahari dipantulkan kembali oleh lapisan es yang solid.

  1. Antartika berasal dari mana?

Antartika dulunya merupakan bagian dari wilayah besar atau super benua Gondwana, bersama Amerika Selatan, Afrika, Semenanjung India, dan Australia. Sekitar 25 juta tahun yang lalu sebagian bergerak ke selatan, inilah yang kita kenal dengan Antartika saat ini.

Itulah beberapa fakta unik yang ada pada benua Antartika, sebenarnya masih banyak fakta menarik yang ada di benua es tersebut.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close