fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriTrik & Tips

Yuk Simak. Amalan Ampuh Di Bulan Ramadhan

Sumber: Kuya Hejo

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling istimewa bagi seluruh umat muslim di dunia, semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya, karena hanya di bulan inilah pahala seseorang akan dilipat gandakan berkali-kali lipat.

Nah, sebagai umat islam, kita juga harus mengetahui amalan apa yang sangat diutamakan untuk mendapatkan banyak pahala. Untuk itu, mari kita simak beberapa amalan berikut.

  1. Qiyamul Lail

“Barang siapa yang menjalankan qiyamu Ramadhan karena beriman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya (yang kecil) yang telah lalu akan diampuni.” (H.R Bukhari)

Amalan qiyamul lail ini dapat berupa shalat tarawih, dimana orang yang mengerjakannya Allah akan mengampuni dosanya yang telah lampau.

  1. Shalat Tahajjud

Amalan ini berbeda dengan qiyamul lail, jika qiyamul lail dapat dilaksanakan meskipun belum tidur, namun shalat tahajjud harus dilaksanakan setelah tidur, jika sholat ini dilaksanakan sebelum tidur, maka sholat tersebut tergolong dalam qiyamul lail.

“Dan pada sebagian malam hari shalat Tahajjud-lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu” [Al-Israa’/17: 79]

BACA JUGA  Inilah Rekomendasi Sneakers Lokal yang Tak Kalah Hits dan Berkualitas

Shalat ini dikerjakan di sepertiga malam terakhir, dengan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak tidak terbatas. Orang yang menunaikan shalat ini akan mendapatkan kemuliaan di dunia dan di akhirat.

  1. Membaca Al Qur’an

Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf. (HR At-Tirmizi).

Memperbanyak dan mengkhatamkan Al Qur’an sangatlah dianjurkan, apalagi dibulan yang mulia ini, tentu pahalanya akan berlipat ganda.

  1. Shodaqoh

Berbagi kepada sesama tentunya sangatlah indah, maka dari itu amalan ini sangatlah di anjurkan, utamanya adalah memberi makan orang yang berbuka puasa. . Rasulullah bersabda: “Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada seorang yang berpuasa, maka dicatat baginya pahala seperti orang puasa itu, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang tersebut (HR. Ahmad)”.

  1. Mencari Malam Lailatul Qadr

“Lailatul Qadar itu lebih utama dari seribu bulan” (QS. Al Qadar, 3). Lalatul qadr adalah malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan, malam ini begitu mulia dan utama. Keutamaan malam ini diantaranya adalah malaikat-malaikat akan turun ke bumi untuk memberi syafaat kepada orang yang senantiasa mengerjakan amalan ini, Allah juga akan melimpahkan rezeki bagi orang yang tulus yang dikehendaki-Nya.

  1. Memperbanyak Amalan Dzikir, Doa, dan Istighfar
BACA JUGA  Hindari Minuman Ini Saat Berbuka Puasa, Ini Solusinya!

Orang yang menunaikan puasa ramadhan dengan hati yang tulus doanya tidak akan tertolak, sebagaimana juga diketahui bahwa amalan saat bulan ramadhan akan berlipat ganda, tentunya dengan itu amalan seperti dzikir, doa, dan istighfar akan terkabul.

  1. Zakat Fitrah

Dari Ibnu Abbas r.a., ia berkata, “Rasulullah saw. telah mewajibkan zakat fitri sebagai pembersih (penyucian diri) untuk orang yang berpuasa dari perbuatan sia-sia dan keji, dan sebagai makanan untuk orang-orang miskin.” (HR. Abu Daud). Zakat fitrah diwajibkan kepada setiap muslim, zakat ini dilaksanakan pada bulan ramadhan hingga sebelum sholat hari raya idul fitri, tujuan utamanya adalah untuk mengangkat beban orang-orang fakir.

Itulah beberapa amalan yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan pahala dibulan yang mulia ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close