fbpx
Gaya HidupKesehatan

Wow! Ternyata Bawang Putih Dapat Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh

Bawang putih adalah salah satu bahan masakan yang selalu ada di dapur. Tanaman jenis ini sering tumbuh di daerah yang tropis. Selain untuk bahan masakan, ternyata bawang putih memiliki manfaat yang banyak jika dikonsumsi dengan benar. Manfaat tersebut dapat kita rasakan dalam tubuh. Selain itu, ternyata bawang putih sudah dipercaya selama ribuan tahun dan telah digunakan sebagai obat herbal.

Manfaatnya juga bisa diketahui pada bawang putih yang telah diolah dan dicampurkan dengan makanan. Terdapat sifat antibiotic dalam kandungan bawang putih yang dapat mencegah infeksi. Selain mempunyai kandungan antibiotic yang terdapat pada bawang putih, tenyata bawang putih juga mengandung sebuah senyawa yang dapat menurunkan kolestrol dan tekanan darah tinggi yang telah diuji oleh para peneliti.

Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami  yang dapat kamu lakukan dengan bahan bawang putih.

  1. Teh Bawang Putih

Merebus bawang putih yang sudah dikupas kulitnya, kemudian disedu untuk diminum air rebusan bawang putih. Jangan terlalu lama merebus bawang putih karena dapat merusak kandunganya dan berkurangnya senyawa yang ada di bawang putih. Di anjurkan untuk mengkonsumsi rebusan bawang putih secara teratur disamping meminum obat-obatan untuk penderita kolesterol dan hipertensi.

BACA JUGA  Wow! Inilah Manfaat Jika Kamu Mengkonsumsi Bawang Putih Secara Mentah
  1. Blender Bawang Putih

Cara berikutnya adalah dengan cara blender bawang putih. Dengan catatan tidak terlalu kental dan encer. Bisa dicampurkan dengan makanan yang akan dikonsumsi atau sebagai bahan campuran makanan.

  1. Bubuk Bawang Putih

Terdapat juga olahan bawang putih yang sudah dikemas menjadi bubuk dalam bentuk tablet. Bawang putih bisa menurunkan kolesterol sekitar 50 sampai 100-mg kolesterol. Bisa langsung dikonsumsi atau di campurkan pada makanan.

  1. Mengukus Bawang Putih

Cara menurunkan kolesterol dengan bawang putih bisa juga jika bosan dengan varian lainya, bawang putih juga bisa dikukus dan di konsumsi dengan makanan lainya. Proses perebusan berlangsung kurang lebih selama 5 menit, agar kandungan dalam bawang putih tidak hancur.

Selain memiliki kandungan yang bisa menurunkan kolesterol, ternyata dalam bawang putih juga memiliki kandungan yang baik untuk jantung. Bawang putih yang sudah tumbuh tunasnya, dikatakan lebih memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan  bawang putih yang tidak bertunas.

Itu adalah cara menurunkan kolesterol dengan bawang putih yang bisa kamu lakukan jika memiliki kolesterol yang tinggi. Tetapi tetap ikuti panduan dari dokter dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close