fbpx
Luar NegeriUncategorized

Wow, NASA Temukan Planet Layak Huni Seperti Bumi

Sumber: Daily Express

Saat ini para ilmuwan dan peneliti sedang berusaha untuk melakukan penelitian pada meneliti planet-planet di tata surya. Hal tersebut dilakukan untuk melihat apakah planet tersebut layak ditinggali oleh manusia atau tidak.

Akhir-akhr ini, TESS (Transiting Exoplanet Survey Satellite) milik NASA telah mengidentifikasi sebuah planet baru yang memiliki ukuran mirip dengan Bumi. Misi dari TESSsendiri adalah berburu planet terbaru yang mencari exoplanet.

Lebih dari itu, planet yang ditemukan ini berada di zona layak huni sehingga memiliki potensi untuk dapat ditinggali oleh manusia. Hal tersebut juga membuktikan bahwa kemampuan teleskop TESS milik NASA dapat menyelidiki planet di luar angkasa dengan lebih jelas dan akurat.

Sumber: NASA Ames Research Center & Daniel Rutter

Dengan teleskop luar angkasa millik NASA tersebut, Keppler menemukan planet yang hampir menyerupai bumi. Dimana jaraknya 300 juta tahun cahaya dan diberi dengan nama Kepler-1649c.
Diketahui planet Kepler-1649c ini mempunyai besar 1,06 kali lebih besar dari Bumi dan terdapat sekitar 75% jumlah cahaya dari yang didapat Bumi dari matahari. Hal ini menunjukkan bahwa suhu permukaan planet itu bisa serupa dengan Bumi.

BACA JUGA  7 Fakta Unik Kebiasaan Mandi Orang Jepang yang Berbeda Banget dengan Orang Indonesia

Berdasarkan data yang telah terkumpul oleh misi seperti Keppler TESS akan terus menghasilkan penemuan yang luar biasa ketika komunitas sains memperbaiki kemampuannya untuk mencari planet yang menjanjikan tahun demi tahun.

Menurut Zurbuchen, masih terdapat banyak hal yang tidak diketahui tentang Kepler-1649c, termasuk atmosfernya. Perhitungan yang ditinjau dari ukuran bisa saja terjadi kesalahan karena objek yang diteliti dalam keadaan yang jauh.Tetapi, berdasarkan apa yang diketahui, Kepler-1649c ini sangat menarik bagi para ilmuwan yang mencari dunia dengan kondisi yang berpotensi untuk layak huni.

“Dari semua planet yang diberi label salah, yang satu ini yakni kepler-1649c sangat menarik. Karena bukan hanya karena berada di zona layak huni seperti dan ¬†juga seukuran Bumi, tetapi karena bagaimana ia dapat berinteraksi dengan planet lainnya,” kata Andrew Vanderburg, seorang peneliti dari University of Texas.

Sebagai tambahan, “dunia yang menarik dan ini memberi kita harapan lebih besar bahwa Bumi kedua terletak di antara bintang-bintang, menunggu untuk ditemukan,” Thomas Zurbuchen, associate administrator of NASA’s Science Mission Directorate di Washington, seperti dikutip dari Space.com, (16/4/2020).

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close