fbpx
HobiMobil & Motor

Wow, Harga Mobil Bekas Melambung Turun, Cek Daftarnya

Sumber: iNews

Pemerintah telah berusaha dengan berbagai macam cara demi menekan penyebaran virus corona atau covid-19. Hal tersebut terlihat dari social distancing, work from home, larangan mudik sampai yang terakhir adalah PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Dengan aturan PSBB menunjukkan terbatasnya ruang gerak masyarakat ditengah wabah ini. Alhasil kondisi perekonomian pun turut melambung turun, sama halnya dengan penjualan mobil baru yang anjlok hingga 40 % dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Tidak hanya mobil baru, penjual mobil bekas pun juga ikut merasakan dampak yang signifikan ketika virus asal Tiongkok itu menyebar. Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih.

“Pas ada corona menurun drastis peminat mobil bekas, orang mempertimbangkan pengeluarannya. Kini bursa mobil di WTC sudah tutup sejak Jumat 10 April saat Pemprov DKI memberlakukan PSBB,” ungkapnya kepada 100KPJ, Rabu 15 April 2020.

Sumber: Carmudi

Selebihnya, Herjanto juga menjelaskan bahwa pedagang mobil bekas juga akan menawar rendah saat ada pemilik yang ingin menjual mobilnya. Harga mobil yang dibeli pedagang akan turun hingga 30 persen dari banderol normal sebelum ada covid-19.

BACA JUGA  Wow, Diskon Besar-Besaran Mobil MPV di Tengah Covid-19

“Kenapa penawarannya rendah? Karena pedagang menghitung resiko enggak jualan dalam 3 bulan ke depan, minimal. Soalnya mau lebaran juga enggak boleh mudik. Belum lagi mereka di WTC harus bayar ruko,” tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Car Appraiser atau Juru Taksir mobil bekas dari salah satu situs jual beli online, Riswan Susilo. Dia mengatakan bahwa perputaran mobil bekas yang keluar dari penjual ke konsumen sangatlah turun tajam saat adanya virus corona.

“Pedagang juga enggak berani beli mobil dengan harga normal. Untuk fast moving (Avanza, Innova, dan sejenisnya) turun sekitar Rp5-10 juta. Kemarin baru ambil Livina XV AT 2010 cuma Rp50 jutaan, biasanya Rp60-63 juta,” ujarnya kepada 100KPJ.

Aris selaku Marketing di showroom LB Auto Sunter juga menuturkan bahwa penurunan mobi kelas premium angkanya lebih tinggi.

Berikut beberapa daftar mobil bekas yang mengalami penurunan harga:

  • Toyota Alphard misalnya, untuk tahun produksi 2018 tipe G normalnya harga beli pedagang Rp865-870 juta, namun sekarang turun Rp30 jutaan.
  • Daihatsu 1.3 Xi VVT-I A/T 2011 1.300 cc, harga bekas awalnya Rp 95 juta menjadi Rp 85 juta, turun Rp 10 juta.
  • Isuzu Panther tipe Hi-Grade LS tahun 2000 Rp 80 juta,yang awalnya Rp 85 juta.
  • Penurunan harga Rp 80 juta yakni mobil Audi A5 Quattro 3.200 cc tahun 2011, harga bekas awalnya Rp 580 juta, kini menjadi Rp 500 juta.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close