fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriFenomena Alam

Wow, Gurita dengan Habitat Terdalam di Temukan di Palung Jawa

Telah ditemukan habitat baru gurita yang bar baru ini ditemkan oleh para peneliti. Dalam hal ini, ternyata habitat dan ekosistem gurita tidak main-main. Gurita tersebut tak sengan dijepret di kedalaman hampir 7.000 meter di Palung Jawa, menjadikannya gurita yang ditemukan hidup di lautan paling dalam. Setelah diamati gurita tersebut berjenis Dumbo. Namanya berasal dari bentuk siripnya yang seperti telinga di atas mata, agak mirip dengan karakter gajah Dumbo besutan Disney.

Berdasarkan penjelasan dari Dr Alan Jamieson adalah peneliti yang menemukannya dengan memakai instrumen khusus yang ditaruh di dasar lautan. Terdapat dua gurita yang berhasil tertangkap alat,  satu di kedalaman 5.760 meter dan satu lagi di kedalaman 6.957 meter di Palung Jawa.

Selama ini, gurita tersebut maupun telurnya memang sudah ditemukan di laut dalam, tapi belum ada yang menyentuh rekor ini. Menurut data sebelumnya populasi gurita di temukan pada 5.145 meter. Itu pun waktu penemuannya sudah lama, yaitu pada 50 tahun silam. Maka penemuan kali ini dianggap signifikan dengan kesimpulan bahwa gurita bisa hidup dan beradaptasi di sedikitnya 99% dasar lautan dunia.

BACA JUGA  HOOQ Hari Ini Resmi Di Tutup! Ini Alasannya
Sumber: LineToday

“Para gurita ini harus melakukan sesuatu yang genius di dalam selnya. Jika dibayangkan sel seperti balon, maka akan kolaps di tekanan seperti itu. Maka, dibutuhkan biokimia pintar untuk memastikannya mempertahankan bentuknya,” ujar Alan.

“Seluruh adaptasi yang diperlukan untuk hidup dalam tekanan (dasar laut) berada di level sel,” tambahnya seperti yang dikutip dari BBC.

Jamieson juga merupakan ilmuwan utama dalam program Five Deeps Expedition yang didanai oleh Victor Vescovo. Tujuannya menjelajahi area terdalam di lima samudera besar Bumi.

Berikut merupakan fakta unik tentang Gurita

  1. Hidup di lautan di seluruh dunia. Sebagian besar pelagis, artinya mereka tinggal di dekat permukaan air di kerang, terumbu dan celah. Beberapa spesies hidup di dasar lautan, membuat rumah mereka keluar dari gua.
    Kebiasaan
  2. Gurita hewan yang suka menyendiri, meski kadang berinteraksi dengan gurita lain. Beberapa spesies gurita berburu di malam hari, sementara yang lainnya hanya berburu pada petang dan subuh.
  3. Gurita juga bisa berubah warna untuk menyembunyikan dan mencocokkan lingkungannya. Mereka bisa berubah biru, abu-abu, pink, coklat atau hijau. Gurita mimik juga bisa melenturkan tubuhnya menyerupai hewan yang lebih berbahaya, seperti belut dan lionfish, menurut World Animal Foundation.
BACA JUGA  WOW, Berikut Negara yang di Nilai Berhasil Menekan Kasus Covid-19 & Mulai Beraktivitas, Indonesia Ada?

Nah, semoga ulasan di atas bermanfaat bagi kalian ya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close