fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Fenomena Alam / Wow! Bumi Menerima Gelombang Radio Misterius!

Wow! Bumi Menerima Gelombang Radio Misterius!

Sinyal radio misterius yang diterima bumi yang berdetak terus menerus dikirim dari galaksi kecil yang berjarak sekitar tiga miliar tahun cahaya dari Bumi. Sinyal tersebut memiliki pola yang berulang, dengan jarak setiap detaknya setiap 157 hari.

Dilansir dari KOMPAS yang di kutip daro Forbes, senin (8/6/2020), sinyal tersebut disebut dengan ledakan radio cepat atau Fast Radio Burst (FRB), salah satu dari banyak fenomena misterius yang ada dalam astronomi.

Pada tahun 2007 untuk pertama kali FRB mendeteksi sinyal tersebutoleh teleskop radio Parkes di Australia. Detak dari gelombang itu terjadi dalam hitungan milidetik yang lebih dari satu kali terjadi, mesti yang lebih dominan satu kali.

Ada ribuat FBR yang diperkirakan dating dari luar angkasa setiap harinya. Tetapi dalam waktu ini ada sebuah FRB yang menarik, jumlahnya ada dua, yaitu FRB 180916.J10158 + 56 dan FRB 121102. Keduanya memiliki pola dan terus berulang ulang.

Pada tahun 2014 FRB di ketahui oleh teleskop radio Arecibo di Puerto Rico. Terdeteksi lagi dua tahun setelahnya, pada 2016. Satu-satunya sinyal yang dating lebih dari satu kali.

BACA JUGA  Diam-Diam AS Simpan Senjata Kiamat Untuk Perang Dunia III

Jodrell Bank selaku pemimpin dari astronom di Inggris menggunakan teleskop radio Lovell berdiameter 76 meter berhasil mengabadikan pola yang tepat pada FRB 121102. Mendeteksi dengan 32 gelombang radio yang berlangsung selama lima tahun.

Tim astronom menemukan fakta bahwa pola detak dari gelombang tersebut terjadi setiap 157 hari. Selama 90 hari gelombang ini terus mengeluarkan ledakan, kemudian akan hening selama 67 hari.

Pola ini seperti yang terjdi dengan FRB 180916.J10158 + 56 yang berulang setiap 16 hari. Dimana setiap 4 hari semburan gelombang tersebut dikirim kemudian akan diam dalam waktu 12 hari.

Para astronot dipaksa oleh pengamat untuk mempertimbangkan mengenai teori bahwa FRB adalah peristiwa yang terjadi satu kali. Penemuan ini juga sangat menarik, tentang FRB dan mengetahui asal usulnya.

Selama ini astronot menyebutkan tiga kemungkinan  tentang pola ledakannya, pertama gerakan orbital yang massif dari bintang, bintang neuron, atau lubang hitam.

Ada juga yang mengatakan bahwa gelombang radio FRBadalah pengaruh yang  berasal dari bintang neuron, kata Dr Kaustubh rajwede dari Universitas Manchester.

BACA JUGA  Hydroxychloroquine : Fakta Dari Obat Virus Corona COVID-19 yang Kontroversial

“Mendeteksi periodisitas menjadi hal yang penting tentang sal-usul semburan gelombang radio dan siklus aktivitas yang dapat membantah disebabkan oleh bintang Neuron.’ Kata pemimpin penelitian, Rajwade.

Bintang Neuron adalah sebuah

About Rizki

Check Also

Di India, Angkatan Darat Diharuskan Hapus Facebook, TikTok, dkk! Ternyata Ini Alasannya

Dikabarkan bahwa Angkatan Darat India memerintahkan kepada pasukannya untuk menghapus sebanyak 89 aplikasi termasuk Facebook, TikTok, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *