fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanCORONA UPDATELuar Negeri

WOW, Berikut Negara yang di Nilai Berhasil Menekan Kasus Covid-19 & Mulai Beraktivitas, Indonesia Ada?

Dengan diadakannya berbagai kebijakan karantina wilayah dianggap berhasil menekan jumlah penyebaran kasus virus corona. Diketahui saat ini, sejumlah negara yang telah memberlakukan lockdown mulai bersiap melonggarkan aturan karantina tersebut.

Swiss

Negara ini diketahui mulai melonggarkan aturan lockdown dalam tiga tahapan hingga bulan Juni 2020 mendatang. Tahapan pertama dimulai pada 27 April 2020 lalu dengan dibukanya kembali berbagai layanan personal, seperti pangkas rambut, fisioterapis dengan pengunjung yang dibatasi.

Sedangkan tahapan kedua adalah pembukaan sekolah-sekolah pada 11 Mei 2020 dan tahapan ketiga adalah membuka kembali tempat-tempat umum seperti restoran dan bar pada 8 Juni 2020. Sebelumnya ,Swiss sudah menerapkan lockdown sejak 19 Maret 2020. Di belahan dunia lain, ada pula kebijakan lockdown yang memang dinilai sukses untuk menekan angka peningkatan virus corona. Sejumlah Negara itu diantaranya yaitu:

Selandia Baru
Pemerintahan Perdana Menteri Jacinda Ardern Selandia Baru mendapatkan pujian atas penanganan Covid-19.  Dengan keadaan seperti itu, Ardern menerapkan kebijakan menutup akses perbatasan bagi setiap warga asing mulai 19 Maret lalu. Selang waktu 4 hari setelahnya, ia kemudian mengumumkan untuk melakukan penguncian wilayah (lockdown) skala nasional pada 23 Maret 2020 selama tiga pekan.

BACA JUGA  Yuk Intip Uniknya Honda CT125 Dengan Gaya Klasiknya, Dibanderol Dengan Harga Rp 38 Jutaan

Republik Ceko
Ceko merupakan negara Eropa pertama yang menutup perbatasannya sebelum wabah corona menjalar di benua ini. Dengan ketatnya pelaksanaan lockdown oleh Presiden Milos Zeman itu dinilai menjadi salah satu yang paling disiplin di Eropa.

Negara ini mulai memberlakukan lockdown pada Maret lalu dan menutup seluruh pertokoan dan bisnis kecuali supermarket, apotek, bank, kantor pos, pom bensin. Selain itu, Ceko juga meliburkan seluruh kegiatan sekolah dan melarang acara-acara publik.

Sekarang, Ceko telah melonggarkan beberapa aturan pembatasan pergerakan. Sejumlah pertokoan juga telah dibuka kembali. Warga Ceko juga sudah diperbolehkan keluar rumah untuk alasan esensial hingga bersepeda tanpa harus mengenakan masker.

Denmark
Tercatat negara ini merupakan negara kedua di Eropa yang pertama menerapkan lockdown. Denmark diketahui menerapkan penutupan perbatasan bahkan sebelum kasus kematian akibat corona pertama terjadi. Kabar baiknya tingkat kepatuhan warga terhadap kebijakan pembatasan pergerakan pemerintah dinilai tinggi dan hal ini menjadi kunci sukses penerapan lockdown di negara itu. Kini, Perdana Menteri Mette Frederiksen berencana melonggarkan beberapa kebijakan pembatasan pergerakan.

Kepulauan Karibia

Pemerintahan pada Kepulauan Karibia ini mengumumkan lockdown secara penuh pada 5 April lalu dan berlaku hingga dua pekan ke depan.
Kebijakan lockdown di Sint Maarten dianggap menjadi salah satu yang paling ketat di dunia. Pasalnya, tak seperti negara lainnya, Sint Maarten hanya mengizinkan beberapa supermarket dan dua pom bensin beroperasi dalam keadaan darurat.

BACA JUGA  Unik, Negara Ini Akan Hukum Warganya Yang Menggunakan Ponsel Sambil Berjalan?

Nah, itulah saja negara-negara yang melonggarakan aturan Lockdown dan mulai beraktivitas walaupun tak seperti dahulu kala.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close