fbpx
Home / Gaya Hidup / (Wajib Tahu) Ini Hal yang Bisa Saja Terjadi Bila Kamu Kurang Tidur

(Wajib Tahu) Ini Hal yang Bisa Saja Terjadi Bila Kamu Kurang Tidur

Tidur merupakan kebutuhan bagi semua orang. Dalam usia produktif, seseorang membutuhkan tidur kurang lebih 7 hingga 9 jam dalam sehari, sementara itu untuk anak-anak mereka membutuhkan tidur kira-kira 10 hingga 11 jam dalam sehari. Orang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan tidurnya dengan cukup, tentu akan memberikan dampak pada tubuhnya.

Dilansir dari Sehatq.com, inilah beberapa dampak yang akan kamu alami apabila kurang tidur.

1. Sistem saraf pusat

Apabila seseorang mengalami kurang tidur, hal itu bisa saja membuat otak terganggu konsentrasinya. Bahkan apabila sudah kronis, masalah seperti halusinasi bisa saja muncul. Untuk seseorang yang memiliki gangguan bipolar, mereka bisa saja mengalami episode mania. Resiko kejiwaan juga dapat terjadi karena kurang tidur seperti depresi, kecemasan, bahkan hingga keinginan bunuh diri.

2. Sistem pencernaan

Obesitas ternyata dapat terjadi karena kurangnya tidur, karena tidur seseorang akan mempengaruhi terbentuknya dua hormon, yaitu leptin dan ghrelin. Keduanya diketahui berperan mengontrol rasa kenyang dan lapar seseorang.

Selain itu ternyata tidur juga berdampak pada kesehatan jantung, bahkan banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa penyakit serangan jantung dan stroke menunjukkan peningkatan berkaitan dengan insomnia.

BACA JUGA  KFC Sepakat Potong Gaji dan Tunda THR

3. Sistem kekebalan tubuh

Saat seseorang tidur, tubuh akan aktif menghasilkan zat sitokin. Zat tersebut berfungsi untuk melawan benda asing seperti bakteri dan virus yang ada pada tubuh. Jika seseorang kurang tidur, hal tersebut tentu akan mempengaruhi produksi sitokin dalam tubuh yang berpengaruh pada kesehatan tubuh itu sendiri.

4. Sistem endokrin

Salah satu hormon yang dihasilkan saat tidur adalah testosteron, hormon ini membantu untuk pertumbuhan otot dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak. Gangguan pada hormon ini bisa terjadi pada remaja dan anak-anak. Sebaiknya tidur yang cukup supaya mengoptimalkan pertumbuhan saat masa pubertas.

5. Dampak pada kulit

Tidak sedikit masalah yang muncul karena kurangnya tidur, salah satunya adalah masalah pada kulit. Saat seseorang mengalami kurang tidur, kemungkinan besar mereka dapat mengalami mata panda atau munculnya lingkar hitam pada sekitar mata. Selain itu kalian akan terlihat kurang cairan atau dehidrasi, hal itu juga dapat menghambat proses pemulihan luka, pertumbuhan kolagen, hingga tekstur kulit. Untukmu yang sudah terlanjur mengalaminya, kamu dapat coba cek cara menghilangkan mata panda atau cara menghilangkan kantung mata.

BACA JUGA  Transformasi Diet Menakjubkan & Tipsnya

Itulah tadi beberapa hal yang akan kamu alami apabila pola tidur mu tidak teratur atau kurang tercukupi. Sebaiknya perhatikan pola tidurmu supaya badan tetap sehat dan bugar.

About syharil

Check Also

8 Hair Tonic Terbaik Gingseng Penumbuh & Penebal Rambut | Terbaru 2020

Kulit kepala adalah salah satu yang menjadi faktor kesehatan rambut. Ketika kulit kepada akan sehat, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *