fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanCORONA UPDATEDalam NegeriUncategorized

Viral, Surat Bebas Covid-19 Di Jual Bebas di TokoPedia

Viral, penjual jasa surat bebas covid saat ini sedang ramai diperbincangkan di sosial media. Penjual memberikan tawaran dua paket khusus,

  • Paket A: Surat Keterangan Negatif Covid
  • Paket B: Surat Keterangan Negatif Covid+Surat Hasil Lab.
Sumber: Tribun

Tak tanggung-tanggung, surat bebas ini  menawarkan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar antara Rp 70 ribu hingga Rp 90 ribu per surat.

Informasi tersebut didapat dari sosial media yang mencantumkan foto berbentuk surat keterangan warna putih dari rumah sakit. Surat itu bertanggal 9 Mei 2020. Dan diberi cap oleh salah satu rumah sakit.

Saat dihubungi , penjual jasa tersebut memberi formulir yang kemudian di isi oleh pembeli. Tak lama penjual mengarahkan pembeli ke lama blogspot untuk lihat detaik tiap paket.

Terdapat beberapa bagian yang perlu diisi seperti paket yang dipilih, nomor ponsel pembeli, nama, umur, berat badan, tinggi badan, tanggal pemeriksaan, pekerjaan, nama perusahaan, alamat kantor, alamat tinggal, alamat pengiriman. Kemudian, penjual juga meminta untuk mengisi asal rumah sakit (RS), yang akan dicantumkan bahwa pembeli telah bebas dari covid.

BACA JUGA  Kata Satpol PP DKI Jakarta Mengenai Kerumunan Yang Terjadi di CFD

Setelah seluruh formulir diisi, maka pembeli diminta untuk memilih cara pengiriman. Bisa sehari sampai. Untuk proses pembayaran, bisa melalui beberapa rekening bank.

Polri Selidiki

Sementara itu pihak kepolisian, melalui Kadiv Humas Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono memastikan akan melakukan penyelidikan terkait jual-beli surat bebas covid.

“Kalau ditemukan ilegal kita proses,” sambungnya.

Respons Tokopedia

Tokopedia memberikan penjelasan yakni terus melakukan upaya untuk memastikan berbagai produk yang dijual dalam platform-nya sesuai dengan peraturan yang berlaku, baik dari sisi jenis produk, harga, kesesuaian judul maupun deskripsi.

Jika ada penjual yang melanggar, Tokopedia berhak melakukan tindakan berupa pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, serta tindakan lain sesuai prosedur.

Bakal Melapor ke Polisi

Sebagai pihak sementara yang tertulis dalam viralnya surat tersbeut, RS Mitra Keluarga Gading Serpong Kabupaten Tangerang berencana melaporkan pihak-pihak yang terkait dengan dijualnya “surat sehat bebas covid” di rumah sakit tersebut.

Dalam foto produk, terlihat kop surat Rs Mitra Keluarga Gading Serpong Kabupaten Tangerang. Harga untuk surat tersebut tertera Rp 70.000.Tangkapan layar penjualan produk tersebut kemudian viral di media sosial.

BACA JUGA  Akhir Pekan Ini, Bumi Akan Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin dan Fase Bulan Baru

Merespons kasus tersebut, Manajemen RS Mitra Keluarga membantah menjual surat bebas Covid-19. Bahkan RS Mitra Keluarga akan membuat laporan polisi agar pelaku pencatut nama institusi mereka diproses hukum.

“Mitra Keluarga akan menempuh jalur hukum jika masih ada pihak yang mengatasnamakan atau menggunakan atribut Mitra Keluarga, termasuk penggunaan kop surat Mitra Keluarga tanpa seizin kami,” kata pihak Manajemen RS Mitra Keluarga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close