fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Viral, Seorang Nenek Usia 100 Tahun Asal Surabaya Sembuh dari Covid-19

Viral, Seorang Nenek Usia 100 Tahun Asal Surabaya Sembuh dari Covid-19

Seorang nenek berusia 100 tahun yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur yakni nenek Kamtin telah dinyatakan sembuh dari virus corona setelah hampir sebulan dirawat di rumah sakit. Nenek Kamtin yang merupakan pasien positif virus corona tertua di Jawa Timur bahkan di Indonesia.

DIketahui saat ini Nenek Kamtin merupakan pasien Covid-19 yang tertua di Indonesia. Nenek tersebut membuktikan bahwa bisa sembuh karena disiplin dan hidup sehat,” ujar Gubernur Jawa Timur yakni Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (29/5/2020) malam.

Nenek Kamtin yang lahir pada tahun 1920, tinggal di sekitar Pasar Tradisional Gresik PPI, Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya. Awalnya, nenek Kamtin merasakan demam dan batuk sejak 13 April 2020.

Sumber: SindoNews

Pada tanggal 20 April, dia memeriksakan diri ke Rumah Sakit PHC Surabaya hingga akhirnya sempat menjalani perawatan di sana. Pada tanggal 21 April, nenek Kamtin melakukan tes swab, dan pada 28 April hasil tes swab ke luar, di mana nenek tersebut dinyatakan positif terjangkit virus corona.

BACA JUGA  Terlampau Nekat! Rela Berjubel Saat Berbelanja, Ternyata Kasir Positif Covid-19

Terdapat juga lima anggota keluarga Kamtin juga ikut diisolasi karena memiliki riwayat kontak dengannya.Setelah menjalani perawatan, pada 17 Mei lalu nenek Kamtin dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah. Sementara itu lima anggota keluarganya hingga kini masih menjalani isolasi. Dalam perbincangan singkat dengan Khofifah melalui video Siti Aminah selaku menantu Kamtin membuka rahasia kesembuhan mertuanya itu, yakni:

Disiplin

Dalam wawancara singkat tersebut, menantu dari nenek Kamtin mengatakan bahwa “Kuncinya disiplin dan membiasakan diri hidup sehat,” kata Siti Aminah. Selebihnya ia juga menambahkan, apa yang dilakukan Nenek Kamtin bisa menjadi contoh tauladan bagaimana disiplin mengikuti protokol kesehatan merupakan kunci kesembuhan dari Covid-19. Nenek Kamtin ini merupaka  bukti bahwa pasein kasus positive virus corona yang berusia senja masih bisa sembuh.

Secara tidak langsung dengan kesembuhan Nenek Kamtin telah menjadi bukti nyata bahwa pasien dengan usia senja saja bisa sembuh dari Covid-19. Pesan dari Khofifah untuk semua pasien corona agar tetap bersemangat, mendisiplinkan diri, membiasakan hidup sehat, dan mematuhi protokol kesehatan. Beberapa hal yang terdengar sepele terseut adalah vaksin paling ampuh dari virus Covid-19. Kunci keberhasilan dari sembuhnya virus ini adalah disiplin dalam hal kebersihan.

BACA JUGA  Darah Pasien Sembuh Corona Dijual Dipasar Gelap dengan Harga Fantastis

 

About dewi

Check Also

Tidak Diketahui Oleh Banyak Pelanggan Tri, Ternyata Inilah Fungsi Dari Poin Bonstri

BonsTri merupakan sebuah program atau even yang mengandalkan sebuah poin yang dikumpulkan dari provider atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *