fbpx
Gaya HidupKesehatan

Viral, Pedagang Sayur Keliling Terapkan Physical Distancing

Sumber: DocPlayer.info

Akhir-akhir ini media sosial diramaikan dengan viralnya kegiatan penjual dan pedagang  sayur dengan menerapkan pembatasan jarak fisik atau physical distancing.

Terlihat dari postingan via instagram, tidak ada kerumunan para pembeli yang biasanya identik dengan pedagang sayur keliling. Uniknya, hanya satu pembeli yang diperbolehkan memilih aneka sayuran bersama pedagang. Sedangkan, para pembeli lain harus duduk antre terlebih dahulu di kursi plastik yang disediakan.

Foto tersebut diunggah pertama kali oleh akun Instagram Perumahan Taman Anyelir 3 Depok, @tamananyelir3, Sabtu (25/4/2020) lalu.

Sumber: Instagram

“[RW 011 Kalimulya] Demi kesehatan bersama dan menghindari supaya tidak berdesakan, beli sayuran pun harus tertib (wilayah RT 3,4,5). Dengan caption, “selalu jaga jarak dan gunakan masker ya”

Ternyata, hal tersebut merupakan salah satu dari upaya yang diterapkan warga RW 011 Kalimulya Perumahan Anyelir, Depok, Jawa Barat, untuk mencegah adanya penyebaran virus corona covid-19.

Ketua RW 011 Kalimulya, Achiruddin Akiel, mengungkapkan hal tersebut adalah  inisiasi yang dilakukan oleh RW-nya.

“Ini wujud mengawal dan mendukung program pemerintah tentang physical distancing menghadapi wabah corona, kami melakukan dengan konsentrasi dan komitmen,” ungkap Akiel saat dihubungi Tribunnews melalui sambungan telepon, Senin (27/4/2020).

BACA JUGA  Berbahayakah Kolesterol Bagi Tubuh? Yuk Simak Penjelasan Berikut

Akiel menyebut, komplek perumahan tersebut menyediakan empat titik lokasi untuk pedagang sayuran.

Untuk para pedagang tukang sayur tersebut berjualan tiap Selasa sampai Minggu dari jam 05.30 WIB sampai sekitar jam 09.00 WIB.

Pedagang sayur pun harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan di RW 011.

Selain itu, Akiel juga menjelaskan adanya beberapa keputusan dalam rangka menekan penyebaran virus corona, yakni:
Buat Aturan Tegas

Selain aturan terhadap tukang sayur yang diperkenankan berjualan dengan mematuhi aturan physical distancing, Akiel juga menyebut ada aturan lain yang diterapkan secara tegas di RW 011 Kalimulya.  Warga yang keluar masuk area perumahan maupun sekadar melintas wajib mengenakan masker. Tak hanya itu, demi membatasi warganya berada di keramaian luar, RW 011 Kalimulya juga menginisiasi pasar mini.

Pada akhir penuturannya, Akiel mengungkapkan bahwa program-program yang dijalankan tersebut merupakan wujud keseriusan warga dalam mencegah penyebaran virus corona.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close