fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Dalam Negeri / UTBK 2020 Tahap I Berjalan dengan Lancar, Kemendikbud Beri Apresiasi

UTBK 2020 Tahap I Berjalan dengan Lancar, Kemendikbud Beri Apresiasi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Nizam sebagai Pelaksana Tugas Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), mengapresiasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-SBMPTN 2020. Apresiasi ini mereka lakukan karena ujian yang di panitia oleh Lembaga Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berjalan dengan lancar.

Nizam mengatakan bahwa mereka berterima kasih setinggi-tingginya atas kerjasama panitia di bawah bimbingan Prof Nasih, Prof Budi dan juga kawan-kawan semuanya yang telah menyelenggarakan UTBK dengan sangat baik.

Nizam mengatakan bahwa UTBK 2020 tahap pertama yang digelar sejak 5 Juli hingga 14 Juli lalu telah berjalan dengan lancar.

“Terakhir kemarin saya memantau di Jogja, saya lihat protokol kesehatan diikuti dengan sangat baik, bagus,” ujarnya.

Lebih dari itu, bahkan pusat UTBK di beberapa tempat melakukan pengamanan yang sangat baik. Contohnya saja seperti di pusat UTBK Institut Pertanian Bogor (IPB) yang diketahui mewajibkan pesertanya untuk mengenakan sarung tangan yang dibagikan secara gratis.

Ia menuturkan bahwa mereka berharap untuk proses seleksi selanjutnya berjalan dengan lancar, juga persiapan untuk gelombang 2 bisa dilaksanakan sebaik mungkin. Nizam menuntut supaya pelaksanaan UTBK tahap 2 dapat dipersiapkan dengan baik karena tantangannya tidak kalah kompleks dari tahap 1. Hal ini dikarenakan penyelenggaraannya bisa lebih banyak tempatnya.

BACA JUGA  Inilah Asal Muasal Tagar “ Indonesia TERSERAH”

Untuk tingkat kehadiran peserta UTBK, sebagai informasi bahwa pelaksanaan ini digelar di 85 lokasi yang melibatkan 72 pusat UTBK. Mohammad Nasih sebagai ketua LTMPT mengatakan bahwa kehadiran tahap pertama ini mencapai sekitar 93, 01 persen.

Ia mengatakan bahwa tingkat kehadiran ini yang mencapai 93,01 persen, yakni dari 558 ribu peserta yang hadir 519 ribu peserta. Hal ini tentu dapat disimpulkan bahwa ketidak hadiran peserta hanya mencapai angka 6, 99 persen. Ketua LTMPT tersebut mengatakan bahwa hal ini merupakan sebuah kemajuan yang sangat baik dibandingkan dengan kehadiran peserta pada tahun sebelumnya.

Menurut Nasih, dikarenakan sedang dalam masa pandemi ini, semangat para peserta sangatlah luar biasa. Padahal restriksi dan barrier pada beberapa tempat yang ada kita bisa melihat sendiri ada yang tidak bisa masuk ke kota tertentu karena harus ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Untuk kalian yang nantinya ingin mengecek pengumuman hasil SBMPTN 2020, dapat klik link www.pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

About syharil

Check Also

Tidak diketahui oleh banyak pelanggan Tri, Ternyata ini Fungsi dari poin bonstri (part 2)

Bonstri adalah sebuah even yang diluncurkan oleh perusahaan kartu orabayar Tri. Mereka membuat even ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *