fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Luar Negeri / Untuk Pertama Kali, Microplastik di Temukan di Antartika

Untuk Pertama Kali, Microplastik di Temukan di Antartika

Sumber: Kompasiana

Diketahui mikroplastik telah ditemukan di es laut Antartika untuk pertama kalinya. Dengan adanya temuan ini tentunya menambah kekhawatiran terhadap jenis polusi ini dalam ekosistem laut Antartika..

Mikroplastik ini berasal pada potongan-potongan kecil plastik. Mikroplastik dapat mencakup serat plastik dari jaringan dan limbah, potongan-potongan botol plastik, dan sampah lainnya yang sulit untuk terurai di lautan.

Sumber: Sains Kompasiana.com

Dikutip dari Slash Gears, Sabtu (25/4/2020), potongan-potongan plastik telah diidentifikasi dalam es laut Kutub Utara dan air permukaan Antartika. Terdapat beberapa temuan pada studi tersebut antara lain:

  1. Mikroplastik di temukan, dengan lebih dari 96 partikel dari 14 sumber berdaya yang ditemukan dalam sampel inti es. Para peneliti mencatat, sebagian besar es Antartika mencair dan kemudian berubah setiap tahun, sehingga menarik potongan-potongan mikroplastik dari air permukaan.
  1. Es laut pesisir Antartika mengandung partikel-partikel mikroplastik yang lebih besar dibanding yang ditemukan di es Arktik. Para peneliti mengatakan ini berarti plastik berasal dari sumber lokal seperti peralatan para peneliti dan wisatawan atau pakaian yang dibuang.
BACA JUGA  [VIDEO] Ini Dia Detik-Detik Pesawat Pakistan Jatuh Yang Menggemparkan Warga Setempat

Saat partikel-partikel ini terperangkap dalam es, mereka akhirnya menghabiskan lebih banyak waktu di air permukaan dibanding jatuh ke bagian yang lebih dalam.

Sebenarnya terdapat beberapa upayan dalam rangka mencegah adanya micropalstik di laut. Setidaknya ada lima cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya akumulasi plastik:

  1. Mengubah kebiasaan: hindari, kurangi, pakai kembali, dan daur ulang plastic
  2. Memisahkan jenis sampah sejak awal. Dengan memisahkan sampah organic dan non organic merupakan hal yang patutnya di terapkan dalam melindungi biota laut.
  3. Mendorong peran pemerintah melalui kebijakan, contoh (vending machine). Dengan menukar sampah plastic menjadi uang merupakan hal menarik yang dapat mengurangi polusi plastic.
  4. Aksi bersih pantai. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh para sukarelawan dalam melindungi ekosistem laut,

Memang tidak ada cara tunggal yang ampuh untuk menyelesaikan secara menyeluruh masalah sampah plastik. Karena itu, dibutuhkan peran aktif berbagai pihak untuk menyelesaikannya yang berguna untuk mewujudkan lingkungan dan masa depan yang lebih baik. Dan yang terpenting adalah memulainya dari level terkecil dari masing-masing individu.

About dewi

Check Also

8 Pensil Warna Terbaik untuk Anak & Profesional, Rekomendasi Terbaru 2020

Mewarnai adalah sebuah kegiatan yang sangat disukai oleh anak anak. Selain itu, ternyata mewarnai juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *