fbpx
Dalam NegeriUncategorized

Universitas Medan Menerapkan Protokol Kesehatan Saat Masa Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru

Saat ini adalah jalur pembukaan pendaftaran untuk mahasiswa baru Universitas yang ada di Indonesia, meskipun dalam keadaan yang sedang adanya wabah seperti ini, pendaftaran swrta ujian seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi tetap dilakukan namun dengan aturan yang sesuei dengan protokol kesehatan. Salah satu perguruan tinggi yang membuka jalur pendaftaran adalah Univesitas Medan atau UniMed menggelar pendaftaran bagi mahasiswa baru melalui Tes Tulis Berbasis Komputer atau UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) untuk tahun ini berbeda dengan pelaksanaan tahun yang lalu. Pasalnya karena adanya wabah Covid-19 yang telah menyebar ke berbagai wilayah, pemerintah pun melakukan kebijakan terkai protokol kesehatan. Dalam Ujian Masuk Perguruan tinggi, untuk sekarang di berlakukan protokol kesehatan bagi calon Mahasiswa Baru yang mendaftar, serta adanya sebuah kebijakan baru yang dilakukan oleh pihak kampus agar tidak tersebarnya Covid-19 di kalangan mahasiswa baru.

Syamsul Gultom selaku Rektor UnMed mengatakan bahwa dalam pendaftaran kali ini, calon peserta atau calon mahasiswa baru yang mendaftar sebanyak 13.955 orang. Dalam pelaksanaan UTBK, dalam sehari dilakukan dua sesi. Yang pertama dilakukan pada jam 09.00 WIB sampai 11.15 WIB  dan yang kedua dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB sampai 16.15 WIB. “Ujian dilaksanakan pada tanggal 5 sampai dengan tanggal 12 Juli 2020”, kata Rektor Unmed, pada Minggu (5/7/2020). Setelah melakukan ujian, calon mahasiswa baru bisa menunggu hasil SBMPTN 2020 yang akan diberitahukan secara online.

BACA JUGA  Kaget, Tiba-Tiba di Lakukannya Rapid Test Usai Shalat Tarawih

Pihak kampus memantau tentang keadaan yang  sedang terjadi di lapangan yang dinilai sudah baik dan sudah sesuei dengan ketentuan dan protokol kesehatan. Seperti penggunaan masker, dan adanya pengukuran suhu tubuh yang dilakukan saat akan masuk ke ruangan ujian. Adanya fasilitas cuci tangan yang di sediakan oleh pihak kampus menambah lengkapnya fasilitas pencegahan penyebaran Covid-19. “Peserta wajib mencuci tangan dengan menggunakan air yang mengalir,” jelas Syamsul.

Kapasitas yang disediakan oleh pihak kampus adalah menerima pendaftar secara total sebanyak 39.710, sedangkan yang mendaftar sebanyak 13.955.  dari jumlah tersebut, ada juga yang mendaftar di luar Medan, yaitu dari 19 provinsi yang ada di Indonesia ikut juga mendaftar di sana, termasuk negeri tetangga Malaysia juga ada calon mahasiswa baru yang ikut mendaftar.

Syamsul mengatakan bahwa untuk jumlah pendaftar tahun ini mengalami penurunan drastic dibandingkan dengan pendaftra pada tahun kemarin. Dikarenakan adanya wabah Covid-19. Untuk pelaksanaan ujian, pihak kampus menyediakan 10 tempat ujian yang terpisah, sehingga tidak dilakukan dalam satu tempat. Upaya tersebut dilakukan karena sesuei dengan protokol kesehatan yang berlaku. Untuk Pengumuman hasil SBMPTN 2020 bisa dilihat hasilnya pada web SBMPTN.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close