fbpx
Home / Teknologi / Gadget / Unik, Negara Ini Akan Hukum Warganya Yang Menggunakan Ponsel Sambil Berjalan?

Unik, Negara Ini Akan Hukum Warganya Yang Menggunakan Ponsel Sambil Berjalan?

Negeri Sakura yang menjadi julukan negara Jepang ini ternyata memiliki berbagai hal yang unik, disamping negara ini sudah menjadi negara yang maju dengan teknologi yang tidak kalah dengan negara besar lain. Ternyata negeri ini juga menyimpan berbagai keunikan di dalamnya, berbagai peraturan serta beberapa kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di Jepang sangatlah berbeda dengan negara lainnya. Bahkan sebuah peraturan yang unik kembali diusulkan oleh seorang politisi di Jepang.

Seorang politisi di Jepang mengusulkan membuat undang-undang untuk melarang penggunaan ponsel saat berjalan, hal ini disampaikan oleh politisi di Yamato, sekitar 25 mil barat daya dari Tokyo, yang mengajukan RUU tersebut.

RUU yang membahas tentang pelarangan penggunaan ponsel sambil berjalan tersebut sudah diajukan ke parlemen kota pada 1 Juni yang lalu, sehingga bila disahkan, peraturan ini akan mulai berlaku pada 1 Juli mendatang.

Beberapa pejabat mengatakan bahwa seseorang tidak mungkin dihukum karena telah menggunakan ponsel sambil berjalan, namun sebagian yang lain juga berpendapat bahwa hal ini dilakukan bertujuan untuk menjaga keselamatan para pejalan kaki saat menyebrang jalan.

BACA JUGA  Meski Terasa Enak, Mengupil Ternyata Memiliki Bahaya Yang Mengintai, Ini Dia Penjelasannya

Dengan keluarnya peraturan ini, tentu membuat orang-orang akan menggunakan ponsel saat berdiri saja di tempat yang tidak akan menghalangi para pejalan kaki lainnya. Selain itu, memang sebelumnya penggunaan ponsel saat berjalan ini mengakibatkan peningkatan jumlah kecelakaan lalu lintas.

Dikutip dari Suara.com, pada tahun 2014 lalu perusahaan telekomunikasi Jepang NTT Docomo telah melakukan simulasi komputer untuk melihat kemungkinan yang terjadi jika 1.500 orang para pejalan kaki Shibuya saat menyeberang jalan yang sibuk di Tokyo sambil menggunakan ponsel mereka. Dari hasil simulasi tersebut, diketahui bahwa sekitar 66 persen orang bersinggungan dengan orang lainnya, sementara itu mereka juga memperkirakan sekitar 446 orang tabrakan, 103 orang diantaranya jatuh, dan 21 lainnya menjatuhkan ponsel mereka.

Dalam penelitian lain oleh University of calgary di Kanada pada tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal BMJ, menjelaskan bahwa penggunaan ponsel dapat mengalihkan perhatian yang dapat menyebabkan seseorang cidera atau terluka.

“Mengingat keberadaan ponsel, media sosial, aplikasi, video digital dan musik streaming yang ada di mana-mana yang telah menyusup ke sebagian besar aspek kehidupan sehari-hari, jalan dan persimpangan jalan raya yang terganggu akan menjadi masalah keselamatan lalu lintas di masa mendatang,” ungkap Dr Sarah Simmons sebagai penulis utama, seperti dikutip dari Suara.com melansir Independent, Rabu (3/6/2020).

About syharil

Check Also

8 Hair Tonic Terbaik Gingseng Penumbuh & Penebal Rambut | Terbaru 2020

Kulit kepala adalah salah satu yang menjadi faktor kesehatan rambut. Ketika kulit kepada akan sehat, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *