fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriInternetTeknologi

Tri Indonesia Dapat Keuntungan Pesat dari WhatsApp, Zoom dan Google

Diketahui Operator telekomunikasi Tri Indonesia telah mendapatkan rezeki nomplok dari aplikasi pesan instan WhatsApp serta aplikasi video konferensi Zoom dan Google Duo. Berkat ketiga aplikasi ini, lalu lintas data mereka meningkat hingga 57 persen jika dibandingkan dengan hari pertama Hari Raya Idul Fitri tahun lalu.

Sebagai misalnya, penggunaan Aplikasi Zoom meningkat hingga 87 persen pada hari pertama Lebaran jika dibandingkan dengan satu hari sebelumnya. Selain itu, lalu lintas data media sosial Instagram dan TikTok juga ikut melonjak pada hari pertama Idul Fitri.

Menurut Wakil Direktur Utama Tri Indonesia yakni Danny Buldansyah, jika dibandingkan dengan hari normal sebelum pembatasan sosial diberlakukan, kenaikan trafik data pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini terjadi sebesar 19 persen. Jika dibandingkan dengan hari normal sejak diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) maka kenaikan trafik saat Lebaran mencapai 8 persen. Meski begitu ia mengakui layanan SMS dan Voice (telepon) turun, di mana sekitar 20 persen untuk SMS dan 40 persen pada Voice jika dibandingkan Idul Fitri tahun lalu.

BACA JUGA  Penemuan Baru dari Mahasiswa UI: Tanaman Arbei Dapat Mencegah Penuaan Dini

Hal ini terjadi karena para pelanggan telah berganti dari via pesan ke video. Pastinya berbeda dari tahun sebelumnya. Secara tidak langsung dengan adanya pandemi Corona menjadikan silaturahmi lebih terbatas, sehingga komunikasi terjalin secara virtual,” kata Danny di Jakarta pada Kamis, 28 Mei 2020.

Selebihnya Danny juga mengatakan bahwa  optimisasi dan peningkatan kualitas jaringan 4.5G Pro yang telah dilakukan Tri Indonesia juga diklaim berhasil mengantisipasi kenaikan lalu lintas data dengan baik dan menjaga koneksi pelanggan mereka selama Hari Raya Idul Fitri. Tercatat pada minggu ketiga Mei 2020 Tri Indonesia mengalami kenaikan lalu lintas data sebanyak 22 persen dibandingkan bulan sebelumnya, atau 48 persen jika dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu.

Kenaikan lalu lintas data terjadi dalam kurun selama tiga minggu pertama Ramadan didominasi oleh penggunaan layanan e-commerce sebesar 77 persen yang disebabkan maraknya aktivitas belanja online selama bulan puasa berlangsung. Daerah yang mengalami kenaikak trafik layanan tertinggi di antaranya wilayah Kisaran, Sumatera Utara (9 persen), Cianjur dan Sukabumi (8 persen), Karawang, Serang dan Tasikmalaya (masing-masing 7 persen)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close