fbpx
Apa yang Sedang Dunia BicarakanDalam NegeriTeknologi

Tokopedia Diretas, 15 Juta Data Pengguna Bocor! Ini Penjelasannya

Sumber: Selular.ID

Siapa yang tak kenal dengan Tokopedia? Salah satu aplikasi penjualan online terbesar yang menjual berbagai produk atau barang untuk kebutuhan konsumennya yang saat ini diminati oleh banyak kalangan. Namun, akhir ini, perusahaan e-commerce tersebut sedang dilanda masalah.

Tokopedia dikabarkan telah terkena hack oleh salah satu hacker, diketahui bahwa 15 juta data pengguna diduga telah bocor, dan telah dicuri sekitar bulan Maret lalu. Sangat disayangkan, karena aplikasi ini memiliki 90 juta pengguna aktif dan 7,8 juta penjual yang pasti memasukkan data pribadi mereka ke dalam platform. Dapat kita ketahui bahwa data pribadi ini merupakan salah satu yang paling penting dari sebuah platform yang pasti akan memberi kepercayaan kepada pengguna bahwa data tersebut aman.

Nuraini Razak, selaku VP of Corporate Communications Tokopedia mengatakan bahwa pihaknya selalu menjaga kerahasiaan data pengguna, karena ini adalah bisnis kepercayaan, kemanan data pengguna adalah prioritas utama bagi mereka.

“Berkaitan dengan isu yang beredar, kami menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia, namun Tokopedia memastikan informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi”, ungkapnya kepada Okezone, Sabtu (2/5/2020).

BACA JUGA  Realme Watch Akhirnya Resmi Diperkenalkan Oleh Realme, Harga Cuma Rp 700 ribuan, Ini Dia Spesifikasinya

Meskipun membenarkan hal tersebut, mereka mengklaim bahwa informasi milik penggunaan tetap aman dan terlindungi dibalik enkripsi. Demi keamanan dan kenyamanan Tokopedia menganjurkan untuk tetap mengganti password secara berkala.

“Tokopedia juga menerapkan keamanan yg berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real-time oleh pemilik akun, maka kami selalu mengedukasi seluruh pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun”, tambahnya.

Saat ini mereka sedang melakukan investigasi dan masih belum ada informasi lebih lanjut yang dapat disampaikan.

Telah diwartakan sebelumnya, berkas dump dari jutaan akun Tokopedia diduga diretas, hal ini terungkap karena adanya tangkapan layar sebuah forum yang diduga salah satu anggotanya mengklaim telah memiliki dump dari jutaan akun Tokopedia tersebut.

Diinformasikan bahwa berkas yang termuat didalam dump tersebut tidak hanya alamat email pengguna, nama pengguna, tanggal lahir, dan nomor ponsel. Namun juga kode aktivasi email, kode reset password, detail lokasi, ID messenger, hobi, pendidikan, waktu pembuatan akun, bahkan juga waktu terakhir login, data-data tersebut tersimpan dalam sebuah file database PostgreSQL.

BACA JUGA  Sebagian Keluarga Kerajaan Arab Positif Virus Corona

“(Hash) itu perlu dipecahkan. Saya akan membagikan sekitar 15 juta (data pengguna) atau lebih. Ketik saja ‘Tokopedia’ di Google. Mereka bahkan mengklaim memiliki pengguna lebih dari 15 juta,” kata anggota forum tersebut.

Hal ini menjadi sebuah perbincangan di akun twitter @underthebreach, sejumlah pengguna Tokopedia yang melihat twit tersebut pun merasa khawatir.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close