fbpx
Gaya HidupKesehatanTrik & Tips

Tips Puasa Ramadhan Bagi Penderita Diabetes

Sumber: Lampung Post

Wah, tak terasa bulan Ramadan tinggal menghitung hari saja. Puasa ini merupakan sebuah kewajiban bagi orang-orang yang beragama Islam. Sayangnya, euforia tahun ini sangatlah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat wabah virus corona. Seperti contohnya, kalian gak bisa ngabuburit dan buka puasa bersama teman-teman.

Pada umumnya, berpuasa memang memberikan banyak manffat bagi orang yang melakukannya. Nah, masalahnya bagaimana jika kamu adalah seseorang yang menderita diabetes? Hal ini sangatlah beresiko bagi orang-orang yang memiliki penyakit diabetes.

Berdasarkan analis dari US National Library of Medicine National Institutes of Health, selama puasa kadar glukosa yang bersirkulasi cenderung turun sehingga menyebabkan penurunan sekresi insulin. Bersamaan dengan itu, kadar glukagon dan katekolamin meningkat, menstimulasi pemecahan glikogen, dan pada saat yang sama glukoneogenesis bertambah.

Singkatnya, para pengidap diabetes ini tidak bisa berpuasa secara sembarang. Namun, banyak pasien diabetes yang bersikeras untuk tetap puasa selama bulan Ramadan. Padahal, hal tersebut dapat memberikan masalah kesehatan untuk penderita diabetes, tapi risikonya tetap bisa dikurangi melalui bantuan dokter.

BACA JUGA  Siapakah Sosok yang Menemani Ayana Moon pada Ramadhan Tahun ini?

Nah, berikut ini beberapa tips puasa Ramadan untuk penderita diabetes. Jadi, kalian bisa puasa dengan aman.

1.    Minum air putih

Bagi para penderita diabetes minum air putih secara cukup adalah hal wajib selama sahur dan berbuka puasa. Kalian baiknya memenuhi untuk minum cairan bebas gula yang cukup saat sahur dan saat berbuka puasa untuk mengisi kembali cairan yang hilang di siang hari. Pastinya, targetkan diri kalian untuk minum 8 gelas air sehari ya.

2.    Perhatikan makanan saat sahur maupun berbuka

Demi menjauhi perubahan kadar gula darah, disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan rendah karbohidratnya, ketika kamu makan saat berbuka maupun saat sahur. Bukan tanpa sebab, makanan tinggi lemak memang akan membuat kamu kenyang lebih lama dan tidak akan meningkatkan gula darah. Jadi, dianjurkan untuk makan makanan seperti daging sapi, telur, alpukat, hingga ikan agar tetap aman dalam menjalani puasa.

3.    Makan secukupnya

Ketika azan magrib berkumandang pertanda waktunya berbuka puasa, pastinya kamu sudah ingin makan semua makanan di depanmu kan?  Sebenarnya, tindakan seperti ini tidak boleh  dilakukan karena nanti justru kekenyangan hingga dapat menyebabkan sakit perut. Justru kita dianjurkan untuk makan secukupnya. Untuk penderita diabetes bisa lebih berbahaya kalau sampai makan berlebihan. Kamu akan mengalami lonjakan glukosa darah kalau sampai kebanyakan makan. Maka dari itu, jangan rakus ya karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

BACA JUGA  Toyota Prediksi Penjualan Mobil Bulan Ini Menurun!

4.    Tes glukosa darah saat puasa

Perlu dilakukan pemantauan kadar glukosa darah selama puasa karena itu tidak membatalkan puasa. Dengan begitu, kamu bisa tahu sedang memiliki kadar glukosa darah tinggi, kadar glukosa darah rendah, atau dehidrasi parah.

Demikian, beberapa tips aman berpuasa buat para penderita diabetes. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close