fbpx
KesehatanTrik & Tips

Tips, Mengatasi Susah BAB Saat Puasa

Sumber: Tribun-Jual-Beli

Saat menjalankan ibadah puasa memang membawa perubahan pola makan dan pastinya juga sistem pencernaan. Dalam penyesuain ini, masalah yang sering muncul adalah susahnya BAB saat puasa. Hal ini disebabkan karena kurangnya jumlah serat, kurang cairan, serta jarang bergerak. Berikut beberapa tips untuk menjaga pencernaan sehingga berfungsi sebagaimana mestinya :

  1. Makan makanan berserat

Konsumsi makanan berserat akan melancarkan proses pencernaan.

Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti misalnya kacang, sayur, buah, atau gandum. Salah satu buah yang sering dijumpai saat bulan puasa adalah kurma. Kurma diketahui memiliki kemampuan dalam membantu mempercepat proses pencernaan.

  1. Kurangi konsumsi makanan rendah serat

Selama bulan puasa, hindarilah mengkonsumsi makanan rendah serat seperti makanan kalengan, produk susu, dan daging. Hal tersebut akan berpotensi membuat adanya perubahan pada pencernaan Anda, baik diare atau susah BAB.

  1. Minum air putih yang cukup

Kebutuhan manusia akan air sudah diketahui semua orang.Hal yang penting untuk meminum air putih yang cukup ketika berbuka hingga sahur. Air putih juga akan membantu lancarnya pencernaan dana minumlah 8 gelas air putih sehari dikatakan cukup memenuhi kebutuhan tubuh sehari.

BACA JUGA  Toyota Prediksi Penjualan Mobil Bulan Ini Menurun!

Saat puasa kalian dapat menerapkan  pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam, dan 2 gelas saat sahur.

  1. Tetap beraktivitas

Saat berpuasa, aktivitas harus tetap berlangsung seperti biasa. Jika kalian kuranag aktivitas justru akan berdampak pada menurunnya aktivitas saluran pencernaan dan dapat menyebabkan susah BAB.

  1. Mengatasi stres

Stres diketahui menyebabkan melambatnya pergerakan usus. Maka dari itu isilah kegiatan saat bulan Ramadan dengan hal-hal yang positif dan dekatkan diri pada Sang Pencipta.

  1. Tidak menunda BAB

Hal ini merupakan panggilan alam, maka bergegaslah beranjak menuju toilet untuk menjawab panggilan tersebut. Jika setelah makan, kalian merasa ingin buang air besar, bersegeralah untuk menuju ke toilet dan jangan menundanya.

Demikian 7 tips agar pencernaan tetap lancar dan terhindar dari susah BAB saat puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close