fbpx
Home / Gaya Hidup / Foodie / Tips, Membuat Cendol Rumah yang Enak

Tips, Membuat Cendol Rumah yang Enak

Buka puasa memang akam terasa nikmat saat dapat menikmati minuman yang segar dan manis. Semangkuk es cendol bisa melepaskan dahagamu setelah seharian puasa. Kalian tak perlu repot membeli cendol, sebab cendol mudah dibuat di rumah. Selain lebih murah tentunya lebih higienis.Untuk membuat cendol kamu bisa memilih mau menggunakan bahan tepung yang mana, sesuai selera.  Es cendol yang dibuat dari tepung hunkwe biasanya dicetak dengan alat khusus. Bentuknya seperti gelas dengan lubang-lubang di bawahnya. Saat adonan dimasukkan ke dalam gelas, kemudian ditekan-tekan hingga menjadi bulatan-bulatan panjang. Biarkan adonan yang sudah dicetak terendam dalam air es. Saat membuat es cendol sendiri di rumah, kamu bisa mengkreasikannya dengan gaya tradisional ataupun kekinian. Berikut tips bagaimana cara membuat cendol yang sederhana.

Bahan cendol :

1 lembar Daun Suji atau  1/2 sendok teh pewarna pandan

150 gram tepung beras atau tepung hunkwe 15 gram

tepung tapioka atau tepung beras 700 mililiter

air matang

2 gram garam

2 Block es batu

BACA JUGA  Unik, Negara Ini Akan Hukum Warganya Yang Menggunakan Ponsel Sambil Berjalan?

Resep gula merah (saus cendol) :

480 gram gula merah yang sudah diserut halus

130 gram gula putih

3 lembar daun pandan 10 gram

Garam halus

Bahan tambahan

1500 ml santan kelapa

Cara mengolahnya,

Pertama, campurlah daun suji dengan air, bisa menggunakan blender, lalu saringlah. Setelah, itu masukan semua adonan untuk membuat cendol ke dalam panci. Masak adonan cendol hingga mengental dan juga lengket.

Jika sudah mulai cetak cendol. Pertama siapkan panci atau wadah, lalu isi dengan air matang dan masukan es batu. Lalu siapkan cetakan cendol, untuk praktisnya gunakan saringan besi atau sendok penggorengan yang ada lubangnya. Lalu cetaklah adonan cendol dengan cara ditekan ke air matang yang sudah diberi es sebelumnya. Biarkan cendol jatuh ke dalam air es dan biarkan cendol mengeras dengan sendiri. Jika sudah saring cendol lalu sisihkan. Untuk membuat saus gula merah kamu tinggal melarutkan gula merah, gula putih, garam halus, ditambah dengan tiga lembar daun pandan. Jika sudah siapkan gelas dengan es batu, masukkan cendol, gula jawa, dan santan kelapa. Cendol siap disantap.

About dewi

Check Also

8 Koper Terbaik, Kecil, Besar & Desain Modis | Terbaru 2020

Traveler adalah sebuah kegiatan yang sangat diminati oleh banyak orang. Mereka suka bepergian ke tempat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *