fbpx
Gaya HidupKesehatanTrik & Tips

Tips, Agar Berat Badan Tetap Ideal Bahkan Berhasil Diet Saat Puasa

Pasti ada dong diantara kalian yang memnafaat bulan puasa ini sambil diet. Merupakan hal yang wajar jika kalian terbesit akan hal tersebut. Pasalnya, mungkin beberapa dari kalian ingin membuat pangling teman-teman atau keluarga besar dengan perubahan tubuh kalian. Nah, disini hal yang terpenting adalah pola makan.  Secara gak langsung, hal ini dapat memengaruhi berat badan seseorang yang sedang menjalankan puasa. Bagi orang yang menjaga pola makan dengan komposisi gizi seimbang, berat badannya bisa tetap ideal sepanjang bulan puasa. Namun ada juga tipe orang yang setelah berpuasa seharian, begitu buka puasa makannya jadi berlebihan. Tak ayal juga berat badan pun jadi melonjak. Disini admin akan share bagi kalian yang berencana menjaga berat badan tetap ideal, berikut tips diet sehat saat puasa:

  1. Penuhi kebutuhan cairan

Cukupi kebutuhan cairan kalian dengan minum setidaknya delapan gelas atau dua liter air per hari. Hidrasi yang cukup dapat mencegah dehidrasi saat puasa, sekaligus mencegah Anda tergiur mengonsumsi asupan manis saat buka pasa. Air putih adalah pilihan cairan terbaik yang paling mudah diserap tubuh. Kalian bisa mengatur pola konsumsi air putih dengan dua gelas saat membatalkan puasa, empat gelas setelah salat magrib sampai lepas makan malam, dan dua gelas saaat sahur.

BACA JUGA  KFC Sepakat Potong Gaji dan Tunda THR
  1. Batalkan puasa dengan menu takjil ringan

Di bulan Ramadhan, metabolisme tubuh melambat dan tingkat energi orang yang berpuasa praktis jadi turun. Namun, beberapa orang, cenderung langsung tancap gas makan berlebihan saat berbuka puasa. Berbuklah dengan yang ringan ya, bukan dengan yang manis-manis. Pilihannya dengan meneguk segelas air putih, satu butir kurma, dan sup sayur atau salad.

  1. Hindari gorengan dan pilih menu yang sehat

Sebisa mungkin hindari semua menu yang dimasak dengan cara digoreng. Pilih menu dengan teknik memasak yang lebih sehat seperti direbus atau dikukus. Pilih karbohidrat kompleks seperti gandum utuh dan nasi beras merah ketimbang mi atau nasi putih. Untuk protein, kalian juga disarankan memilih jenis protein rendah lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, serta kacang-kacangan. Ingat, semuanya tak boleh berlebihan.

  1. Jangan lewatkan sahur

Melewatkan sahur dapat membuat kalian tak bertenaga dan cenderung makan berlebihan saat buka puasa. Saat sahur, pilih menu yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein sehat. Anda bisa mendapatkan tambahan protein sehat dari telur dan susu redah lemak.

  1. Tetap rutin berolahraga
BACA JUGA  Perjuangan Penjual Jamu Tradisional Yang Sukses Saat Masa Pandemi Covid-19

Puasa bukan jadi pembenaran untuk bisa tidur atau bermalas-malasan sepanjang hari. Baiknya kalian melakukan olahraga pada saat akan menjelang berbuka. Tapi, ingat ya, menu berbuka juga jangan sembarangan asal makan saja.

Nah, itu dia beberapa tips agar bisa melakukan diet juga saat bulan puasa ini. Selamat mencoba dan semangat ea.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close