fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Tipe Virus Corona di Indonesia Berbeda dari Virus di Negara Lain

Tipe Virus Corona di Indonesia Berbeda dari Virus di Negara Lain

Dari data akhir-akhir ini, tipe virus corona Covid-19 yang menyebar di Indonesia disebut berbeda dengan 3 jenis virus Covid-19 di dunia. Hal ini langsung disampaikan oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro.

Dilansir Kontan.co.id, Selasa (5/5/2020) dalam artikel berjudul “Menristek sebut tipe Covid-19 di Indonesia beda dengan 3 tipe lain di dunia”, kesimpulan itu di dapat dari hasil analisis genom virus corona atau Whole Ghenome Sequencing (WGS) yang dikirim Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman ke portal GISAID.

GISAID, singkatan dari Global Initiative on Sharing ALL Influenza Data, merupakan inisiatif kerjasama antara pemerintah Jerman dengan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk menyediakan akses terhadap berbagai informasi genetik virus-virus yang menyebabkan epidemi seperti flu. GISAID telah mengumpulkan data Covid-19 dari berbagai negara. Sejauh ini, sebagian besar tipe Covid-19 yang ditemukan di dunia berjenis S, G, atau V. Sementara di Indonesia, Bambang menyebut tipe Covid-19 yang menyebar di Tanah Air tidak termasuk dalam tiga tipe tersebut

BACA JUGA  Dua Gerhana, Inilah Fenomena Langit Indonesia di Bulan Juni

Walaupun begitu, Bambang menjelaskan bahwa hasil yang didapatkan ini merupakan langkah awal. Menurutnya, Indonesia akan mengirimkan lebih banyak lagi WGS untuk melihat kategori seperti apa virus Covid-19 yang ada di Indonesia.

Tipe virus corona yang ada di Indonesia, kata Pradipta, tidak memiliki mutasi asam amino tersebut dan berbeda dengan tipe S, V, dan G. “Yang (jenis virus corona) di Indonesia ini, tidak memiliki mutasi penanda seperti pada kelompok S, V, G,” ungkapnya. Dengan kata lain, jenis virus corona yang ada di Indonesia memiliki “penanda” berbeda dengan 3 tipe virus corona yang umum ada di banyak negara lain. ¬†Pradipta juga mengatakan bahwa meski virus corona yang awalnya dari China sudah berpindah atau melakukan transmisi dari satu tempat ke tempat lain, penanda unik dalam asam aminonya sangat mungkin tak selalu sama.

Dengan jenis atau tipe virus corona yang beragam di dunia, kemudian muncul pertanyaan baru. Apakah nantinya vaksin untuk melawan Covid-19 juga akan berbeda? Sampai saat ini masih dilakukannya penelitian lebih lanjut dan juga Indonesia akan mengirimkan sempel lebih banyak lagi kedepaannya, tentang apakah tipe virus ini.

About dewi

Check Also

Inilah Beberapa Smartphone Terlaris 2020, Cek Selengkapnya!

Semakin lama teknologi semakin berkembang, khususnya pada smartphone. Hal itu sudah wajar karena memang hampir …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *