fbpx
TeknologiTrik & Tips

Tidak Selamanya Bermanfaat, Ini Dia Dampak Bahaya Dari Teknologi Yang Mengintaimu!

Teknologi dari zaman ke zaman memang tidak akan ada habisnya, kebutuhan yang selalu ada pada setiap orang memaksa mereka untuk terus memiliki teknologi yang semakin maju.

Kemudahan yang diberikan oleh teknologi memang sangat menguntungkan bagi manusia, namun bila mereka terlarut dalam kemudahan tersebut, ada kalanya mereka akan terkena dari dampak buruk teknologi itu sendiri.

Untuk itu, mari kita simak beberapa penjelasan berikut ini.

  1. Sifat malas akan semakin menguasai

Teknologi yang memudahkan tiap masalah bagi orang akan membuat seseorang tersebut semakin asyik menikmatinya. Jikalau hal tersebut sudah mereka lakukan berlebihan, orang-orang pasti akan merasa malas untuk melakukan apa-apa, karena semua hal bisa mereka lakukan tanpa keluar rumah, orang-orang hanya akan menggunakan berbagai teknologi seperti gadget dan lain-lain.

  1. Akan semakin memiliki sifat ketergantungan yang tinggi

Sifat kebiasaan seseorang yang sudah bergantung pada teknologi, akan membuat mereka kebingungan bila tidak ada teknologi. Mereka lupa bahwa sebenarnya manusia harus tetap bergerak berkembang secara fisik, hal itu karena juga akan lebih menyehatkan bagi mereka. Teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia, bukan untuk mengganti pekerjaan manusia.

  1. Keterbatasan sosial
BACA JUGA  Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini, Jika Ponsel Tak Ingin Overheat

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan makhluk lain untuk menjalani hidupnya, sehingga manusia tidaklah seharusnya hanya menggunakan dunia maya untuk memenuhi kebutuhan mereka berinteraksi dengan manusia lain.

Dengan manusia yang hanya menggunakan dunia maya sebagai tempat mereka bersosialisasi, hal itu akan membuat mereka menjadi orang introvert yang tidak tahan dengan perkumpulan sosial.

  1. Pola pikir semakin menurun

Dengan teknologi yang semakin maju, manusia bisa saja terlalu asyik dalam menggunakan teknologi yang ada. Bukan malah dapat mengembangkan diri mereka, hal itu malah akan membuat mereka merasa malas untuk mengembangkan potensi mereka.

Mereka yang telah terlena dengan teknologi akan mudah menganggap bahwa teknologi ini sudah maju, dan tidak perlu lagi untuk dikembangkan. Hal itu menjadi pola pikir yang salah, yang dapat menghentikan perkembangan mereka ataupun generasi generasi selanjutnya.

  1. Tindak kejahatan di dunia maya semakin merajalela

Semakin majunya teknologi akan memudahkan para penjahat untuk menipu para pengguna teknologi, contoh saja penipuan berkedok hadiah kejutan dari sebuah perusahaan, atau juga penipuan seperti berita bohong.

BACA JUGA  Ramadhan Ini, Tokopedia Beri Akses Gratis Tanpa Kuota Kepada Para Pengguna

Selain itu dengan adanya teknologi, kejahatan seperti terorisme dapat terjaring di dalam media-media yang ada saat ini.

Itulah beberapa dampak buruk yang disebabkan oleh kemajuan teknologi, sebagai manusia kita harus pintar dalam memilah kegiatan maupun informasi yang sekiranya baik bagi kita. Jadilah pengguna teknologi yang bijak baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close