fbpx
Gaya HidupLuar NegeriUnik & Lucu

Tidak Berarti Semuanya Kaya, Ternyata Beberapa Negara di Eropa Ini Termasuk Negara Miskin

Kebanyakan negara-negara di benua Eropa terkenal dengan kemajuannya, bahkan kebanyakan dari kita menganggap bahwa negara yang ada di benua Eropa merupakan negara maju. Namun faktanya ada beberapa negara yang dianggap miskin, meskipun dianggap miskin, tapi ini bukan berarti seperti di negara Afrika karena tingkat kemiskinan di negara Eropa tetap tidak seburuk negara-negara di Afrika.

Dilansir dari IDNTimes, ini dia beberapa negara yang dianggap miskin dan berkembang di benua Eropa.

  1. Bosnia dan Herzegovina

Telah tercatat oleh World Bank bahwa negara yang memiliki ibukota di Sarajevo ini memiliki populasi 3,9 juta jiwa dengan penghasilan menengah ke bawah. Pendapatan nasional bruto per kapita hanya mencapai 1.270 US dolar atau sekitar Rp 19 juta per kapita.

Rata-rata pendapatan negara ini dihasilkan dari sektor jasa yakni sekitar 56 persen dan sisanya berasal dari sektor pertanian dan industri. Dengan pendapatan perkapita tersebut, negara ini dapat dibilang rendah daripada rata-rata per kapita Eropa pada umumnya.

  1. Kosovo
BACA JUGA  Aktivis China Berspekulasi adanya Kim Jong Un Palsu

Negara di Eropa yang mendeklarasikan kemerdekaannya pada 17 Februari 2008 lalu ini memiliki penduduk sebanyak 1,8 juta jiwa, bahkan hingga saat ini belum memiliki sebuah pondasi perekonomian yang kuat. Hal ini dikarenakan negara ini menjadi wilayah pertentangan antara Serbia dengan Albania hingga kini.

Dari laman Euractiv tercatat bahwa negara ini masih menjadi negara miskin, meskipun pendapatan perkapitanya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Bosnia, namun tetap saja tingkat pendapatan masih jauh di bawah rata-rata pendapatan negara di Eropa.

  1. Ukraina

Negara selanjutnya yang menjadi salah satu negara termiskin di Eropa adalah Ukraina, meskipun sebelumnya negara ini terbilang cukup makmur, namun setelah adanya peperangan dan campur tangan asing membuat perekonomian negara ini menjadi terpuruk.

Untuk saat ini, Ukraina memiliki pendapatan perkapita mencapai 2.000 US dolar,  yang tentu masih jauh dengan rata-rata pendapatan per kapita Eropa yang mencapai 40.000 hingga 80.000 US dolar. Negara ini hanya bergantung pada sektor makanan dan pertanian, bahkan negara yang memiliki jumlah penduduk sekitar 44 juta jiwa ini menjadi salah satu negara importir terbesar dari Rusia yakni sebanyak 30 persen.

  1. Albania
BACA JUGA  Kabar Baik Paulo Dybala Yang Sembuh Setelah Hampir 7 Minggu Positif Covid-19

The Borgen Project mencatat bahwa negara yang memiliki ibukota di Tirani ini menjadi salah satu negara termiskin di Eropa. Hal ini dikarenakan pergantian atau transisi sistem negara yang tadinya komunis menjadi Republik Demokratis.

Dari data bank dunia tercatat bahwa tingkat kemiskinan negara ini lebih banyak dialami oleh warga desa, sedangkan untuk warga kota sekitar 15 hingga 50 persen warganya juga terbilang miskin dan berpenghasilan rendah.

  1. Moldova

Negara yang sebagian besar rakyatnya bergantung pada sektor pertanian ini tercatat oleh BBC merupakan negara miskin di Eropa. Negara yang berpenduduk sekitar 2,7 juta jiwa ini hanya memiliki pendapatan perkapita sekitar 1.000 hingga 2.800 US dolar. Hal ini dikarenakan persoalan transisi atau peralihan sistem negara Uni Soviet menjadi negara mandiri yang berbasis demokratis, sehingga membuat perekonomian Moldova menjadi berjalan sangat lambat.

Itulah beberapa negara yang dianggap miskin yang belum memiliki penghasilan perkapita yang cukup dibanding negara di benua Eropa lainnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close