fbpx
FoodieGaya HidupKesehatan

Ternyata Lemak Memiliki Manfaat Untuk Tubuh! Yuk Simak Penjelasan Berikut

Lemak biasanya dicurigai sebagi makanan yang sebagai penyebab dari kelebihan berat dan menyebabkan obesitas. Maka banyak yang melakukan diet tidak makan lemak karena menjauhi agar tidak kelebihan berat badan.

Lemak itu sendiri jenis nya banyak dan mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai energy dan lemak yang jahat tidak dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat dari lemak pun juga banyak. Jenis lemak tersebut tidak semuanya jahat, terkadang ketika seseorang mendengar kata lemak, mereka berfikir itu adalah makanan yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Ada juga jenis lemak yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Terdapat di beberapa makanan yang ada disekitar kita dan bisa kita jumpai setiap hari. Maka, kita harus mengerti jenis lemak yang baik dan buruk untuk tubuh dan terdapat di makanan apa saja. Berikut ini adalah jenis dan manfaat dari lemak :

Lemak Jahat

Disebut juga dengan lemak jenuh dan lemak trans adalah jenis lemak jahat yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Mengkonsumsi lemak ini, tidaklah boleh dikonsumsi secara terus menerus harus dibatasi karena dapat berpengaruh pada kesehatan. Jenis lemak ini terdapat pada mentega, margarine, lemak sapid an lemak babi.

BACA JUGA  Pasien Terlalu Banyak, Rumah Sakit Di Jawa Timur Telah Kelebihan Kapasitas

Secara pembagianya, berikut ini adalah jenis lemak jahat dan pengaruhnya untuk tubuh

  1. Lemak Jenuh

Lemak jenuh sering dijumpai pada daging dan susu yang tinggi akan lemak. Makanan yang mengandung lemak jenuh adalah daging sapi, babi, domba, kulit ungags, krim asam, es krim, minyak kelapa, minyak sawit, mentega kakao, dan lemak babi.

Efek dari terlalu banyak mengkonsumsi lemak ini adalah meningkatnya kadar kolesterol dan kadar low density lipoprotein, resiko penyakit jantung.

  1. Lemak trans

Lemak ini, biasanya terdapat pada makanan yang memiliki kandungan minyak sayur terhidrogenasi parsial. Jenis lemak ini harus kita hindari karena memiliki efek yang buruk bagi kesehatan meskipun saat dikonsumsi rasa sakitnya akan dirasakan jauh hari. Lemak ini terdapat pada margarine, makanan yang dipanggang, dan makanan olahan.

Jenis lemak ini memiliki efek bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan kolestrol jahat dan meningkatkan resiko peradangan dalam tubuh, seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit stroke.

Lemak Baik

Lemak baik adalah jenis lemak yang diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan daya kesehatan. Jenis lemak baik ada dua, yaitu

  1. Lemak Tak JenuhTunggal
BACA JUGA  Yuk DI Coba, Cara Membuat Dimsum Sederhana

Jenis lemak ini terdapat di beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan minyak. Jenis makanan tersebut adalah kacang, minyak zaitun dan minyak kacang, selai kacang dan selai almond, alpukat.

  1. Lemak tak jenuh ganda

Disebut juga lemak esensial, karena tubuh tidak dapat memproduksi sendiri, tubuh membutuhkan asupan lemak jenis ini lewat makanan. Terdapat pada makanan dan minyak nabati. Lemak ini memiliki manfaat yang sama seperti lemak jenuh tunggal, yaitu dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan menurunkan kolestrol darah. Terdapat juga pada makanan yang memiliki kandungan omega-3 seperti ikan salmon, ikan haring, ikan sarden, dan ikan trout dan omega 6 pada tahu, kedelai, kenari, biji-bijian, dan minyak nabati.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close