fbpx
Gaya HidupKesehatan

Ternyata Jenis Makanan Ini Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Kolesterol adalah sebuah penyakit yang wajar di miliki orang pada umumnya. Kolesterol sendiri pasti ada di dalam tubuh setiap orang. Yang membedakannya adalah kadar tinggi atau rendahnya kolesterol yang dimiliki oleh setiap orang. Jika kadar kolesterol dalam tubuh melewati batas kenormalan atau tinggi dari batas yang telah ditentukan, maka akan menimbulkan sebuah penyakit. Biasanya kolesterol ini dipicu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. Sehingga kolesterol yang stabil dalam tubuh dipicu dan akhirnya melewati batas kenormalan.

Selain mengkonsumsi obat-obatan, ada juga cara menurunkan kolesterol secara alami yang digunakan oleh beberapa orang guna menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Jenis kolesterol itu ada dua, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Apabila jumlah kolesterol baik lebih banyak dari pada kolesterol jahat, maka jangan khawatir karena tidak menimbulkan penyakit. Sebaliknya jika jumlah kolesterol jahat lebih banyak dari jumlah kolesterol baik, maka dapat memicu penyakit dan bisa menyebar ke penyakit lainya.

BACA JUGA  Bikin Heran Orang Korea, Inilah Perbedaan Budaya Korea Selatan Dan Indonesia

Berikut ini adalah cara menurunkan kolesterol jahat dan menambah jumlah kolesterol baik di dalam tubuh

  1. Menjauhi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans

Kedua jenis lemak ini sering kita jumpai pada makanan cepat saji karena dapat memperpanjang usia makanan. Lemak trans dan lemak jenuh adalah hasil campuran antara hydrogen dengan lemak cair yang memadat.  Cara untuk membedakan apakah sebuah makanan memiliki kandungan lemak trans dan jenuh adalah dengan melihat label kemasan apakah ada tulisan sebagian terhidrogenasi atau tidak, karena bila ada tulisan tersebut, maka makanan trsebut memiliki kandungan lemak trans dan jenuh. Sebaiknya hindari makanan yang memiliki dua kandungan lemak ini secara berlebihan, jika dikonsumsi dengan batas wajar tidak apa-apa, karena dapat memicu naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Konsumsi banyak sayuran dan buah

Didalam buah dan sayur, terdapat banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh bila di konsumsi. Salah satunya adalah sayur dan buah memiliki kandungan serat yang ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berlebihan dalam tubuh. Zat penghambat naiknya kolesteroh yang berada di buah dan sayur disebut dengan sterol dan stanol. Sayur berdaun hijau baik untuk tubuh.

  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh
BACA JUGA  Bekerja Saat Masa PSBB Transisi? Yuk Simak Tips Berikut!

Lemak masih dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi lemak yang dibutuhkan adalah lemak yang baik untuk tubuh. Misalnya lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh dan dapat membantu menurunkan kolesterol. Lemak tak jenuh biasanya terdapat pada makanan nabati, hewan laut, dan biji-bijian. Mengkonsumsi kacang  baik untuk tubuh karena mengandung serat. Berbeda dengan kacang yang sudah diolah menjadi tepung, maka kandungan seratnya menjadi hilang.

 

Itu adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dengan cara yang alami dan dapat menyehatkan tubuh.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close