fbpx
Gaya HidupLuar NegeriUnik & Lucu

Ternyata Ini Alasan Kenapa Thailand Sangat Identik Dengan Gajah, Simak Penjelasannya!

Siapa yang tidak tahu dengan negara yang dijuluki sebagai Negeri Gajah Putih? Tentu kita sering mendengarnya bahkan kebanyakan negara khususnya di Asia tenggara pasti tahu negara tersebut. Negara itu adalah negara Thailand. Jika seseorang pergi ke negara ini, mereka biasanya akan membeli oleh-oleh yang berbentuk gajah.

Diketahui bahwa gajah merupakan mamalia terbesar yang ada di darat, gajah termasuk hewan herbivora yang dapat ditemui di berbagai habitat seperti hutan, gurun, sabana, dan rawa-rawa, mereka cenderung hidup di dekat air.

Binatang gajah di negara tersebut dijadikan sebagai simbol negara, bahkan juga menjadi hewan nasional di Thailand. Thailand identik dengan gajah, baik itu dari julukannya, simbol, hingga hewan nasional. Namun tahukah kamu kenapa hal itu bisa terjadi?

Gajah Hewan yang Kuat dan Panjang Umur

Dalam bahasa Thailand gajah disebut dengan Chang. Masyarakat Thailand yang sangat mengagumi gajah memang berhubungan erat dengan budaya masyarakatnya. Para masyarakat di Thailand mengagumi gajah yang memiliki kekuatan serta umur panjang yang luar biasa, selain itu ukuran tubuhnya yang besar membuat hewan tersebut memiliki kekuatan yang jauh lebih besar. Sedangkan untuk umur gajah sendiri, hewan ini dapat hidup sekitar 50 sampai 70 tahun.

BACA JUGA  Perjuangan Penjual Jamu Tradisional Yang Sukses Saat Masa Pandemi Covid-19

Budaya Masyarakat Thailand

Sebagai informasi, sekitar 95 persen dari masyarakat Thailand adalah beragama Budha, dengan fakta tersebut maka budaya yang ada di masyarakat tentu tidak lepas dari ajaran agama Buddha. Menurut ajaran Buddha, saat malam kelahiran sang Buddha ibunya bermimpi bahwa ia diberi bunga teratai oleh seekor gajah putih. Atas hal tersebut gajah menjadi hewan yang sangat dihormati di negara ini, terutama gajah putih.

Sejak Zaman Kerajaan

Selain sebagai simbol negara, gajah putih juga menjadi simbol kerajaan di Thailand sejak zaman dahulu. Meskipun begitu,gajah putih merupakan hewan yang cukup langka, sehingga gajah putih hanya digunakan untuk tugas kerajaan. Diketahui bahwa raja-raja di Thailand juga beberapa kali pernah menawarkan gajah putih sebagai hadiah yang sangat berharga.

Sedangkan pada umumnya gajah-gajah digunakan sebagai kendaraan perang untuk melindungi kerajaan. Gajah-gajah di sana juga biasa digunakan untuk mengangkut kayu jati dan benda-benda yang berat yang tidak bisa diangkat oleh manusia. Masyarakat di Thailand memanfaatkan gajah sebagaimana orang-orang barat yang menggunakan kuda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close