fbpx
InternetStreamingTeknologiTrik & Tips

Ternyata Google Classroom Dapat Diakses Secara Offline, Ini Dia Caranya!

Adanya pandemi virus Corona yang sampai saat ini belum kunjung hilang, membuat kegiatan belajar mengajar menjadi terganggu, sehingga para siswa dengan terpaksa harus melakukan pembelajaran jarak jauh. Dikarenakan hal tersebut, beberapa aplikasi serta platform belajar online menjadi pilihan bagi para siswa dan guru.

Salah satu platform belajar online tersebut yang sudah banyak digunakan adalah Google Classroom. Platform ini sangatlah membantu terciptanya kegiatan belajar mengajar lebih produktif pada kondisi saat ini. Disini guru dapat membuat kelas, memberikan tugas, serta melakukan berbagai hal di satu tempat, hingga memberikan nilai secara real-time.

Para pengguna dapat mengoperasikan Google Classroom baik di website maupun versi aplikasi. Namun sayangnya, tidak semua wilayah di Indonesia dapat melakukan pembelajaran online dengan lancar. Tidak sedikit para siswa yang mengalami kondisi tidak memadai untuk membeli paket data internet sebagai kebutuhan kegiatan pembelajaran sehari-hari.

Namun kalian tidak perlu khawatir, karena kondisi seperti ini dapat diatasi dengan memanfaatkan sejumlah fitur Google Classroom yang ternyata juga dapat diakses secara offline. Dengan demikian, maka pembelajaran antara guru dan murid akan tetap dapat berjalan tanpa terganggu oleh masalah internet.

BACA JUGA  Tanggapan Facebook, Google, Twitter, dan Instagram Mengenai Permintaan Data Dari Pemerintah Hongkong

Penggunaan Google Classroom secara offline bukan berarti dapat dioperasikan 100 persen tanpa internet, para pengguna juga masih membutuhkan koneksi internet pada saat akses awal, sehingga tidak perlu selalu terkoneksi.

Untuk menggunakan Google Classroom secara offline, beberapa hal ini dapat dilakukan oleh guru dan murid.

Untuk Guru

  1. Tim administrator dan guru harus memiliki akun G Suite serta mengaturnya supaya bisa diakses secara offline.
  2. Untuk mengaturnya, buka akun administrator G Suite, kemudian masuk pada Feature and Application.
  3. Pilih “allow users to enable offline access.”
  4. Supaya bisa membuka Google Doct, Sheets, Drive, dan Sliders secara offline, maka pengguna akun G Suite diharuskan untuk mengunduh ekstensi Google Docs offline untuk peramban Google Chrome.
  5. Sebelum mengakses Google classroom guru dapat meminta murid untuk mengaktifkan fitur offline.

Untuk Murid

  1. Sebelum menggunakan Google Classroom, murid harus tersambung dengan internet pada saat awal membuka platform ini.
  2. Setelah mengaktifkan fitur offline, para murid dapat mengunduh materi yang telah diberikan oleh guru.
  3. Murid akan tetap dapat membuka serta mengerjakan tugas secara offline meskipun internet mati. Pada saat internet tersambung, maka tugas akan secara otomatis tersimpan.
  4. Dengan demikian, murid akan dapat menghemat pemakaian internet karena mereka hanya perlu terkoneksi saat mengunduh materi dan mengumpulkan tugas.
BACA JUGA  Tips Membuat Cheese Stick Empuk, Kuy Dicoba

Itulah tadi cara untuk menggunakan fitur offline pada platform Google Classroom. Untuk kamu yang ingin lebih mengetahui platform ini, kamu dapat melihatnya lebih lanjut di classroom.google.com.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close