fbpx
CORONA UPDATEDalam NegeriViral

Terlampau Nekat! Rela Berjubel Saat Berbelanja, Ternyata Kasir Positif Covid-19

Antara benar dan tidaknya, kebijakan pemerintah yang melonggarkan PSBB justru malah membuat warga berbondong-bondong pergi untuk berbelanja. Hal ini terjadi di sebuah pusat perbelanjaan di kota Medan.

Aksi nekat di tengah pandemi ini tidaklah membawa kesenangan, namun malah membawa petaka pada mereka. Bagaimana tidak, pembeli yang asyik berbelanja di mall yang harusnya senang malah menjadi cemas karena salah seorang kasir di mall tersebut dinyatakan telah positif virus Corona. Padahal diketahui bahwa biasanya meskipun ada pandemi Covid-19, mall tersebut selalu ramai dikunjungi para pembeli. Kini setelah adanya laporan bahwa salah seorang kasir telah positif virus Corona, maka seluruh karyawan di mall tersebut diwajibkan untuk melakukan rapid test.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan yang juga merupakan Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan, dr Edwin Effendi, mengatakan bahwa semua karyawan yang berada di mall tersebut akan menjalani rapid test pada hari Selasa (19/5/2020).

“Rapid test dilakukan kepada seluruh karyawan terutama yang pernah kontak dengan kasir tersebut dan dilakukan mulai 09.00 WIB besok,” kata Edwin, Senin malam.

BACA JUGA  Rayakan Lebaran, Begini Pesan-Pesan dari Presiden Jokowi, Prabowo dan Mahfud MD

Terkait dengan penutupan pusat perbelanjaan tersebut, Edwin mengungkapkan sementara belum ada kabar.

“Lihat perkembangan besok. Untuk penutupan supermarket bisa saja dilakukan,” ujarnya.

Di lain waktu terkait dengan kejadian tersebut, sebagai upaya untuk memutuskan rantai penyebaran virus Corona, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, Mayor Kes dr Whiko Irwan menyebutkan bahwa tidak hanya karyawan, namun semua orang yang pernah kontak dengan kasir tersebut harus datang untuk melakukan rapid test.

“Gugus Tugas Medan melakukan rapid test besok untuk karyawan. Namun belum menutup pusat perbelanjaan itu sampai terlihat hasil rapid test,” ungkapnya.

Informasi yang dihimpun oleh Tribun Medan ini menjelaskan bahwa pada hari Minggu (17/5/2020), seorang kasir di pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Gatot Subroto Medan, Chang Chen Sulastri, telah meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di RSU Murni Teguh Medan, dengan status positif Covid-19 melalui test PCR.

Whiko menjelaskan bahwa penambahan pasien yang terbukti positif virus Corona masih terus berlangsung di Sumatera Utara, ia mengimbau warga untuk tetap patuh dan mengikuti protokol kesehatan yang ada.

BACA JUGA  Cara Mengisi Sensus Penduduk Secara Online di Website sensus.bps.go.id, Segera Lakukan Sebelum Terlambat!

“Saudara-saudara sekalian, ini gambaran yang sangat jelas yang bisa kita lihat bahwa penambahan kasus baru masih terus terjadi. Pembawa virus ini masih berada di tengah-tengah kita, inilah yang berkali-kali disebutkan sebagai orang tanpa gejala. Sedangkan di dalam tubuhnya membawa virus, oleh karena itu mencuci tangan menggunakan sabun adalah cara yang paling bagus untuk kemudian memberikan kemungkinan cemaran dari orang tanpa gejala ini misalnya yang mengenai benda-benda di sekitarnyanya bisa terhindar,” ungkap Whiko.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close