fbpx
Dalam NegeriUncategorized

Tahun Ini Malam Lailatul Qadr Jatuh Pada Tanggal Ini, Catat Waktunya!

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat mulia, malam ini lebih mulia daripada 1000 Bulan, di mana kebaikan atau pahala yang diberikan kepada orang yang beribadah pada malam ini lebih baik dibanding dengan 1000 bulan atau 83 tahun. Hal ini dikatakan pada Al-Qur’an surah Al-Qadr yang berbunyi:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada Lailatul Qadr. Dan tahukah kamu apakah Lailatul Qadr itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari pada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Malam itu (penuh) Salam sampai fajar.”  (Q.S Al-Qadr:1-5)

Untuk itu, rasul menganjurkan melakukan amalan-amalan seperti memperbanyak ibadah, membaca Al-Quran, berdzikir, serta memerintahkan untuk melakukan itikaf.

Ada beberapa perbedaan diantara para ulama tentang kapan turunnya malam Lailatul Qadar ini. Namun ada ulama yang memberikan suatu pendapat tentang malam tersebut, gambaran tersebut sebagai berikut :

BACA JUGA  Bebas dari Penjara, Ferdian Paleka Janji Buat Konten Positif ?
  1. Jika awal Ramadan jatuh pada hari Ahad atau Rabu, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-29
  2. Jika awal Ramadhan jatuh pada hari Senin, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-21
  3. Jika awal Ramadhan jatuh pada hari Selasa atau Jumat, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-27
  4. Jika awal Ramadan jatuh pada hari Kamis, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-25
  5. Jika awal Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-23

Namun gambaran tersebut tidaklah pasti, sebenarnya juga tidak ada penjelasan tegas dari agama.

Namun ada indikator yang dijelaskan secara alamiah tentang datangnya malam Lailatul Qadar. Diantara cirinya adalah pada pagi hari atau malam hari turunnya lailatul qadar sangat tenang, hening, dan udara terasa segar di pagi hari, sinar matahari cukup cerah tidak panas.

Pada saat lailatul qadar datang itulah para malaikat turun, bagi orang yang terbuka hijab nya ia dapat melihat malaikat yang sedang berdiri, ruku, dan sujud kepada Allah sambil berzikir dan bertasbih.

BACA JUGA  Kebijakan Baru Dari BUMN.

Memang kita tidak bisa memastikan secara pasti kapan Lailatul Qadar itu datang, hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Allah ingin menguji hambanya seberapa besar ikhtiar yang mereka lakukan untuk mendapatkan malam kemuliaan tersebut. Tentu dengan seperti itu kita tidak hanya bisa duduk dan berdiam diri saja menunggu datangnya malam Lailatul Qadar, namun kita harus tetap berusaha dan istiqomah untuk memperbanyak ibadah seperti shalat, membaca Alquran, berdzikir, iktikaf, dan lain sebagainya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close