fbpx
TeknologiTrik & Tips

Tagihan Listrik Melambung Saat WFH? Ini Dia Solusinya

Disaat adanya wabah Covid-19 yang saat ini tersebar dimana-mana, mengharuskan kamu untuk tetap tinggal di rumah dalam jangka waktu yang lama, pemerintah juga sudah menindaklanjuti masalah tersebut.

Memang bila kita terlalu lama di rumah lama-lama kita akan merasa bosan, namun mau tidak mau kita harus tetap menaati kebijakan pemerintah yang telah dibuat.

Adapun apabila kita di rumah kita biasanya menghibur diri dengan menonton TV, bermain game membuka sosial media, dan masih banyak lagi. Namun ternyata hal itu malah akan menambah tagihan listrik semakin bertambah.

Untuk mensiasati biaya yang bertambah tersebut, beberapa hal sederhana berikut dapat kita lakukan untuk menguranginya.

  1. Menggunakan lampu seminimal mungkin

Masalah tentang lampu ini sering kita alami, biasanya kita lupa saat menyalakan lampu tidak kita matikan, meskipun hal ini terlihat kecil, namun nyatanya juga dapat menambah tagihan listrik. Ada baiknya kamu untuk menghemat penggunaan lampu seminimal mungkin, supaya tidak membuat tagihan listrik semakin bertambah. Matikan lampu saat siang hari, belajarlah untuk lebih memanfaatkan cahaya dari luar dengan membuka jendela.

  1. Menghemat air, supaya pompa air tidak menyala terus
BACA JUGA  Supaya Berkendara Lebih Aman, Simak Tips Berkendara Saat Berada di Jalan Sempit Berikut Ini

Kebutuhan akan air sehari-hari pasti akan membuat pompa air sering bekerja, namun ada baiknya untuk menghemat air supaya tidak menambah tagihan pembayaran listrik. Hidupkan pompa air seperlunya saja, pastikan bak air di dalam rumah terisi penuh sebelum mematikan pompa air, sehingga kita bisa menghemat listrik dengan tidak sering menyalakan pompa air.

  1. Mencuci baju secara manual tanpa menggunakan mesin cuci

Mencuci baju memang sudah menjadi kebutuhan, apalagi kamu yang memiliki banyak kegiatan, pasti tidak akan sempat mencuci bajumu secara manual, sehingga mesin cuci menjadi pilihan di tengah kesibukan yang kamu alami.

Namun dengan adanya peraturan yang mengharuskan untuk tetap tinggal di rumah, ada baiknya dalam mencuci baju tidak perlu menggunakan mesin cuci, mengingat tidak ada kesibukan di luar rumah sehingga masih ada waktu untuk mencuci baju secara manual, di samping itu akan menghemat tagihan pembayaran listrik.

  1. Matikan AC, gunakan udara dari luar

Hidup ditengah perkotaan pasti akan membuat udara terasa panas, untuk menghilangkannya menghidupkan AC merupakan pilihan yang tentu menyenangkan. Namun jika AC terus hidup, maka tagihan listrik akan jauh bertambah, mengingat AC biasanya memiliki daya yang paling besar dan sering digunakan.

BACA JUGA  Catat ya Bund! Berikut Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak.

Untuk menghindari tanggungan listrik yang besar, ada baiknya untuk mengganti penggunaan AC dengan udara alami dari luar atau bisa juga menggunakan kipas angin dengan daya yang lebih kecil.

  1. Mengurangi penggunaan gadget atau televisi

Sebagai hiburan gadget dan televisi sering kita gunakan untuk menghilangkan kebosanan. Namun ada baiknya untuk mengurangi penggunaan gadget dan televisi supaya tidak menambah tagihan listrik yang lebih besar. Lakukanlah kegiatan lain yang sekiranya dapat mengalihkan penggunaan gadget atau televisi yang lebih sering, kamu bisa melakukan kegiatan lain seperti berolahraga atau membaca buku.

Itu tadi beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi tagihan pembayaran listrik yang lebih besar di tengah wabah virus Corona yang saat ini ada di mana-mana.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close