fbpx
FeaturedGaya HidupTrik & Tips

Supaya Lebih Sejuk, Ini Dia Tips Merawat Tanaman di Dalam Rumah

Untuk membuat rumah menjadi tampak indah serta meningkatkan kualitas udara yang ada di dalam rumah, seringkali tanaman hias menjadi pilihan. Namun hal ini tidak semudah yang dipikirkan, karena tanaman hias yang diletakkan di dalam rumah memerlukan usaha ekstra supaya berfungsi dengan maksimal.

Dilansir dari Tribunnews.com, berikut cara mudah untuk merawat tanaman yang ada di dalam rumah.

Mengelap Daun Dengan Susu

Daun yang kotor merupakan sebuah masalah pada tanaman hias jenis daun karena debu yang menempel di permukaannya, hal ini membuat tampilan menjadi kusam dan kehilangan pesonanya. Selain itu kotoran pada daun juga dapat membuat kemampuan untuk menyerap sinar matahari menjadi menurun, sehingga menghambat proses fotosintesis, yang artinya mengurangi energi pertumbuhan.

untuk mengatasinya, gunakan susu bubuk yang telah dicairkan setelah itu masukkan kapas ke dalam susu dan gunakan sebagai pengelap daun tanaman. Setelah selesai, keringkan daun dengan kapas bersih, lakukan pembersihan tersebut pada saat cuaca baik sehingga daun bisa segera kering.

BACA JUGA  Catat, Inilah Beberapa Benda yang Wajib ada di Tas Kantong Kamu di Masa New Normal

Tambahkan Penyaring

Anda juga dapat menambahkan penyaring kopi pada dasar pot sebelum anda mulai menanam tanaman. Hal ini berguna untuk meminimalisir kemungkinan kelebihan air melalui lubang drainase namun tanah tetap berada di tempatnya.

Selain cara tersebut, anda juga bisa menggunakan spon pada bagian bawah pot, hal itu berfungsi untuk membantu mengumpulkan kelebihan air saat penyiraman.

Menggunakan Kopi Bubuk

Beberapa orang tidak mengetahui bahwa mencampur tanah dengan kopi bubuk dapat membantu tanaman tumbuh. Kopi memang diyakini kaya akan nutrisi, keputusan komposisi yang tepat untuk mencampur bubuk kopi dengan kompos.

Anda juga dapat menggunakan kulit lemon untuk menumbuhkan bibit. Bagian luar pada kulit lemon ini bermanfaat untuk tanaman. Setelah bibit tanaman mengeluarkan kecambah, anda bisa langsung memindahkannya ke dalam pot yang dekat dengan sumber cahaya. Amati jumlah matahari di saat pagi ataupun sore yang akan didapatkan sebelum meletakkan tanaman di tempat khusus.

Untuk tanaman yang memiliki daun berwarna cerah membutuhkan lebih banyak cahaya daripada yang lain. Jikalau bisa, anda dapat memutar pot tanaman setiap 1 hingga 2 hari sekali supaya pertumbuhan di setiap sisi merata.

BACA JUGA  Zoom : Cara Menggunakan – Download Aplikasi Zoom Meeting di HP Android & Laptop

Merawat Tanaman Layu

Saat bagian tanaman sudah mulai layu, anda dapat memotong bagian tanaman yang layu tersebut kemudian menyiramnya secara rutin. Namun apabila tanaman memang sudah mati, anda mungkin harus menanamnya dari awal lagi. Jika anda tidak ingin membeli tanaman lagi, anda dapat menggunakan sisa sayuran yang tidak jadi dimasak daripada harus membeli bibit khusus dari toko. Menanam sayuran lebih relatif murah, selain itu anda juga dapat menggunakan teknik lain seperti stek atau membeli tanaman yang sudah cukup kuat untuk dipindahkan ke taman.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close