fbpx
Home / Hobi / Mobil & Motor / Supaya Berkendara Lebih Aman, Simak Tips Berkendara Saat Berada di Jalan Sempit Berikut Ini

Supaya Berkendara Lebih Aman, Simak Tips Berkendara Saat Berada di Jalan Sempit Berikut Ini

Berkendara adalah suatu aktivitas yang yang sering dilakukan oleh semua orang. Mulai dari berkendara menggunakan roda dua, roda empat dan sebagainya. Dalam berkendara juga terdapat aturan-aturan yang harus dipatuhi, salah satunya adalah dengan keamanan menjaga dirinya sendiri, agar dalam suatu perjalanan dapat selamat hingga sampai pada tujuan.

Kendaraan yang paling rawan mengalami kecelakaan adalah kendaraan bermotor, entah itu datang dari pengendara sendiri atau kelalaiannya atau dari kesalahan teknis. Apalagi bila pengendara berkendara pada jalan yang sempit, hal itu pasti juga akan meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan. Guna meminimalisir kejadian tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan pengendara sepeda motor dalam perjalanan yang berada di jalan sempit.

Berikut ini adalah tips bagi pengendara roda dua yang melewati jalan sempit yang bisa kamu lakukan saat melakukan perjalanan.

  1. Tetap usahakan berada di jalur kiri

Ketika kita selalu di jalur kiri, maka kita sudah berada di jalur aman, terutama pada belokan yang berada di jalan sempit. Kendaraan besar yang beroda empat ketika berada di belokan maka akan mengambil keluar jalur agar bisa berbelok, sehingga kita yang berada di jalur kiri akan tetap selamat.

BACA JUGA  Mercedes-Benz Hadirkan Teknologi Canggih Terbaru Pada Setir Mobilnya
  1. Jaga jarak aman dengan kendaraan yang berada di depan

Dengan menerapkan hal ini, maka sesama pengendara akan memiliki ruang dalam berkendara dan menjaga jarak tidak berhimpitan yang menyebabkan kecelakaan. Terutama dengan adanya sebuah tragedi pengereman mendadak, maka pengendara yang di belakangnya masih ada celah untuk menghindar.

  1. Mendinginkan sistim pengereman

Jika melewati jalan yang naik turun serta sempit, maka disarankan untuk mendinginkan sistim rem meskipun hanya sebentar. Hal ini dilakukan supaya rem tidak blong saat di pakai terus menerus.

  1. Batasi kecepatan dalam berkendara

Dengan adanya batasan dalam berkendara, maka risiko kemungkinan rem blong akan menjadi terminimalisir, hal ini dikarenakan rem tidak selalu dipakai saat berada di kecepatan penuh dan saat pengereman mendadak.

  1. Hindari melewati jalan yang sempit saat malam hari

Biasanya jalanan seperti ini berada di daerah pedesaan, fasilitas penerangan pun kurang memadai, sehingga jarak pandangpun kurang baik. Jika terpaksa melewati jalan seperti ini, maka sebaiknya jangan berkendara seorang diri, dan berkendaralah secara hati-hati.

BACA JUGA  Jangan Khawatir! Ini Dia Tips Menjaga Berat Badan Bagi Kamu yang Hobi Makan

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat berkendara roda dua khususnya saat melewati jalan yang sempit.

About syharil

Check Also

Jangan Khawatir Tidur Tidak Nyaman, Ini Dia Rekomendasi Bantal Terbaik yang Akan Membuatmu Tidur Pulas

Saat seseorang tidur tentu mereka menginginkan posisi yang nyaman, sehingga membuat mereka tertidur dengan lebih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *