fbpx
InternetStreamingTeknologi

Stop Streaming Film Ilegal, Ternyata Ini Bahayanya! Simak Penjelasannya Berikut Ini

Saat ini website streaming film sudah banyak kita jumpai, bahkan tidak sedikit pula beberapa situs film ilegal yang masih populer di kalangan masyarakat seperti halnya di IndoXXI. Memang beberapa situs streaming film ilegal banyak menayangkan film lawas hingga terbaru, hal itu tentu membuat banyak orang ingin untuk melihatnya. Meskipun banyak situs illegal yang telah diblokir, namun beberapa orang memanfaatkan aplikasi seperti VPN untuk mengakses situs illegal tersebut.

Meskipun begitu, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mengakses situs yang ilegal dapat membuat kerugian bagi mereka sendiri. Seperti laporan yang didapatkan, bahwa banyak peretas yang memanfaatkan situasi ini untuk menyebarkan malware. Mereka memasukkan aplikasi dan add-on untuk mengakses situs streaming film illegal. Namun apabila pengguna komputer mengunduh aplikasi tersebut, kemungkinan mereka juga akan mengunduh malware.

Malware berbahaya karena dapat menginfeksi perangkat lain yang terhubung pada jaringan, hal itu tentu dapat membahayakan komputer serta akun pribadi pengguna. Selain itu, malware juga dapat mengakses foto serta informasi pribadi lainnya. Contoh kasus dari peretasan tersebut adalah adanya pencurian informasi kartu kredit yang kemudian dijual oleh peretas di dark web. Setelah pencurian kredensial untuk situs yang melayani sebagai tempat berbelanja serta login untuk rekening bank yang pada akhirnya akan mencuri uang di dalamnya.

BACA JUGA  Bahaya! Samsung Galaxy A20e Meledak, Bagaimana Nasibnya?

Tidak hanya sebatas itu, para peretas juga akan menggunakan komputer korbannya untuk melakukan kejahatan. Para penjahat sering mengambil keuntungan dari perencanaan sistem operasi ataupun browser yang tidak update saat menargetkan ponsel. Mereka juga akan menipu pengguna agar menerima malware yaitu dengan mengunduh aplikasi palsu dengan mengklik tautan yang disediakan.

Apabila disederhanakan, virus merupakan jenis malware tertentu yang dapat menyalin dirinya ke komputer ataupun ponsel, malware disini adalah nama umum untuk semua jenis perangkat lunak berbahaya.

Menurut Ketua Lembaga Riset Keamanan dan Komunikasi CISSReC, menjelaskan bahwa menonton ataupun mengunduh film bajakan akan dapat membahayakan perangkat karena situs-situs tersebut berpotensi menyusupkan malware atau virus pada perangkat pengguna. Para pengguna akan diarahkan untuk mengklik tautan sebelum film dapat diunduh ataupun ditonton, hal itulah yang akan dapat menyebabkan malware masuk dalam perangkat.

Alfonso Tanujaya, seorang pengamat keamanan siber mengatakan bahwa malware biasanya menyerang sistem Codec atau Plugin. Biasanya saat menonton film pengguna sering diminta untuk menginstal sebuah aplikasi, jadi apabila tidak diinstall Codec atau Plugin maka tidak dapat diunduh atau menonton film yang diinginkan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close