fbpx
FoodieKesehatanTrik & Tips

Stop Konsumsi Makanan Ini Jika Kamu Menderita Kolesterol Tinggi! (Wajib Tahu)

Kolesterol merupakan komponen lemak yang memiliki peran dalam menjaga sel dan jaringan tubuh tetap berfungsi, namun akan berbahaya bila kolesterol menumpuk melebihi batas normal pada tubuh, jika sudah terlanjur kamu harus melakukan berbagai cara menurunkan kolesterol. Sebaiknya dalam sehari kamu jangan mengonsumsi makanan yang memiliki jumlah kolesterol lebih dari 200 mg.

Jika kolesterol sudah menumpuk pada tubuh, kamu memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit serius, seperti jantung, stroke, dan obesitas. Selain diproduksi oleh hati, kolesterol ini juga dapat ditemukan pada beberapa makanan.

Berikut ini merupakan makanan yang menyebabkan kolesterol meningkat jika dikonsumsi:

  1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji yang banyak kita ketahui seperti hamburger dan pizza ternyata mengandung 85-180 mg kolesterol dalam setiap porsinya. Hal itu belum ditambah dengan mengonsumsi soda dan kentang goreng yang biasanya dikonsumsi bersamaan. Sebaiknya batasi untuk memakan makanan cepat saji dan mengganti minuman soda dengan minuman yang rendah kolesterol.

  1. Steak

Meskipun steak daging sapi memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, tidak berarti kamu tidak boleh mengonsumsi steak daging sama sekali. Jika kamu ingin memakan steak, sebaiknya pilihlah daging yang memiliki kadar kolesterol lebih rendah seperti bagian perut sapi. Selain itu kamu juga dapat mengganti dengan daging domba dengan kandungan kolesterol lebih rendah yakni sekitar 100-150 mg.

  1. Es krim
BACA JUGA  Olahraga Ini Dijamin Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi, Kamu Harus Tahu!

Satu cup es krim ternyata memiliki lebih banyak kandungan kolesterol dibandingkan dengan satu buah burger ataupun donat. Jika kamu suka makan es krim, sebaiknya kamu menggantinya dengan semangkuk buah segar yang tentunya kaya akan serat dan nutrisi serta rendah kalori.

  1. Telur

Telur memang dikenal sebagai sumber protein sehat, namun tidak apabila dikonsumsi secara berlebihan tiap harinya. Jika kamu telah mengkonsumsi telur, sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi sumber kolesterol lainnya seperti jeroan maupun daging berlemak. Seseorang yang memiliki kolesterol tinggi masih diperbolehkan mengkonsumsi 4-6 telur per minggu.

  1. Seafood

Beberapa makanan laut atau seafood seperti lobster memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, karena dalam setiap 100 gram lobster mengandung sekitar 70 mg kolesterol. Untuk meminimalisir hal tersebut, sebaiknya olah makanan tersebut dengan cara direbus atau dikukus dan usahakan tidak digoreng.

  1. Jeroan dan kulit ayam

Makanan ini memang banyak digemari banyak orang, namun kamu harus membatasi dalam mengonsumsi jeroan dan kulit ayam. Hal ini dikarenakan makanan ini memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, dan sebaiknya dihindari oleh orang yang menderita kolesterol tinggi dan asam urat.

  1. Daging bebek
BACA JUGA  Kamu Ingin Belajar Offroad? Simak Tips Berikut Ini, Cocok Untuk Pemula

Bila kamu memakan makanan ini sebaiknya kamu tidak berlebihan, karena daging bebek memiliki kandungan kolesterol lebih tinggi dibandingkan dengan daging ayam. Dianjurkan untuk tidak mengolah bebek sekaligus dengan kulitnya karena akan dapat mengurangi kadar kolesterolnya.

  1. Keju dan susu

Makanan ini mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi, namun kamu tetap dapat mengonsumsi susu dan keju yang memiliki kandungan rendah lemak.

Itulah beberapa makanan yang dapat menyebabkan meningkatnya kolesterol dalam tubuh. Untuk mencegah meningkatnya kolesterol dalam tubuh, sebaiknya pilihlah makanan yang lebih sehat serta tidak lupa untuk berolahraga. Selain itu kamu juga dapat melakukan cek kadar kolesterol serta menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter, dan juga jangan lupa menanyakan cara menurunkan kolesterol tinggi jika kamu mengalaminya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close