fbpx
FoodieGaya HidupKesehatanTrik & Tips

Stop Kebiasaan Ini! Jangan Sembarangan Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Makanan ini memanglah sangat familiar, disamping makanan ini mudah untuk dijumpai di mana-mana, makanan ini juga dapat menjadi pilihan apabila tidak ada makanan lain yang ada di rumah.

Karena berbagai alasan tersebut, mie instan menjadi pilihan untuk menu sahur di bulan Ramadan ini karena makanan ini memanglah praktis.

Namun apakah makanan ini baik dikonsumsi saat sahur? Mari kita simak penjelasannya.

  1. Mengandung karbohidrat sederhana

Ada dua macam karbohidrat, yaitu sederhana dan kompleks. Seperti dilansir dari Everyday Health, karbohidrat sederhana merupakan karbohidrat yang buruk, karena pada dasarnyanya mereka adalah gula, asupan yang harus kita kontrol konsumsinya agar tidak berlebihan.

  1. Karbohidrat sederhana akan membuatmu kenyang hanya untuk sementara

Dilansir dari US National Institutes of Health, dalam proses pencernaan zat ini akan dileburkan menjadi gula yang akan disimpan di hati untuk menjadi sumber energi. Sayangnya peleburan karbohidrat sederhana cukup singkat, karena ia benar-benar hanya gula. Kandungan serat ataupun zat-zat lain yang menyertainya pun tidak ada tidak ada zat-zat lain yang menyertainya pun tidak ada tidak ada. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila kita mengkonsumsi jenis karbohidrat ini maka kita akan mudah lapar.

BACA JUGA  Beberapa Makanan Ini Bisa Meredakan Sakit dan Memperkuat Sistim Imunitas

“Kamu akan mendapati dirimu merasa lapar lebih cepat daripada yang kamu bayangkan setelah mengonsumsi karbohidrat ini yang rendah dalam serat, atau ketika mengonsumsi karbohidrat olahan (termasuk mie instan),” ujar E.Susannah Southern, ahli nutrisi University of North Carolina kepada Pop Sugar.

Sumber: Kompasiana.com
  1. Memiliki kalori yang tinggi

Kalori dalam mie instan bisa mencapai empat kali lipat dari kalori nasi, jika 70 gram nasi hanya mengandung sekitar 92 kalori, maka satu porsi mie instan dengan berat yang sama mengandung sekitar 380 kalori.

Semakin tinggi kalori yang dikandung, maka semakin cepat pula membuat kita gemuk, jika kamu mengonsumsi nya setiap sahur sahur maka kamu akan lebih sulit untuk mengontrol berat badanmu.

  1. Mengakibatkan lebih haus dari biasanya

Kandungan sodium atau garam tinggi yang ada pada mie instan, akan membuatmu merasa lebih haus dari biasanya.

Dilansir dari How Stuff Works, garam yang masuk ke dalam pencernaan akan diserap oleh pembuluh darah, ketika jumlahnya berlebihan maka tubuh akan merasakan ketidak seimbangan.

BACA JUGA  Tidak Selamanya Bermanfaat, Ini Dia Dampak Bahaya Dari Teknologi Yang Mengintaimu!

Garam yang ada di darah kita akan menarik cairan yang tersimpan dalam sel, sehingga tubuh akan merasa lebih haus.

  1. Tips bila tetap ingin mengonsumsi mie instan

Untuk kamu yang tetap ingin mengkonsumsi mie instan sebagai makan sahurmu, usahakan untuk tidak memakannya setiap hari. Saat makan mie instan pun usahakan juga untuk tetap mencukupi asupan nutrisi ketika sahur, agar siap untuk berpuasa. Bukan hanya karbohidrat, kamu juga harus mencukupi kebutuhan protein, lemak, serat, vitamin, serta mineral. Kamu bisa mendapatkannya dalam sayur-sayuran, buah-buahan, ayam, daging, telur, dan lain sebagainya.

Untuk itu, usahakan untuk tetap memilih alternatif lain selain mie instan guna menjaga kesehatan lebih baik.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close