fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Dalam Negeri / Smart Speaker Karya Anak Bangsa Hadir Dengan Harga Rp 1,5 Jutaan

Smart Speaker Karya Anak Bangsa Hadir Dengan Harga Rp 1,5 Jutaan

Berbicara soal teknologi, nampaknya hal tersebut tidak akan pernah ada  habisnya. Seiring dengan berkembangnya zaman, kebutuhan manusia akan meningkat, inilah salah satu hal yang menyebabkan teknologi semakin terus berkembang.

Berkaitan dengan saat ini yang sedang ada wabah virus Corona di mana-mana, biasanya kita mendapatkan informasi dari berbagai platform berita seperti televisi, radio, dan sosial media.

Atas hal tersebut, kehadiran smart speaker Widya Wicara Prima akan menjawab kebutuhan masyarakat dalam memperoleh informasi khususnya perkembangan virus corona saat ini.

Berdasarkan data dari lembaga riset Statista, di dunia sejak tahun 2015 silam, pengguna aktif asisten virtual khususnya smart speaker tercatat sebanyak 544,1 juta. Dan, melonjak tajam di tahun 2020 yakni sekitar 2,2 miliar.

Smart speaker adalah alat bantu komunikasi virtual yang menyajikan berbagai fitur. Widya Wicara Prima, merupakan smart speaker karya anak bangsa yang hadir dalam bahasa Indonesia. Nama Widya diambil dari bahasa Sanskerta yang memiliki arti ilmu pengetahuan.

Sumber: Infokomputer – Grid.ID

“Tak hanya menjadi sahabat, smart speaker ini diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam aktivitas masyarakat sehari-hari. Ragam teknologi yang canggih di dalamnya juga mampu menghadirkan konten lokal yang kredibel dengan masyarakat Indonesia,” kata Handlee Susanto, Chief Marketing Officer PT Widya Informasi Nusantara, Selasa (12/5/2020).

BACA JUGA  Sedang Viral! Dukun Sakti Ini Mengaku Dapat Sembuhkan Corona Dengan Ramuan Air, Gula, Garam, dan Permen

Menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Neutral Language Processing (NLP) untuk memproses pertanyaan dan perintah suara yang diberikan oleh penggunanya, smart speaker ini memiliki fungsi yang tak jauh berbeda dengan Google Home dan Assistant.

“Kami telah bekerjasama dengan sejumlah sumber berita kredibel seperti Svara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pro Sehat, Audio Buku, Muslimnesia, dan sumber-sumber lainnya. Sehingga pengguna bisa langsung mendapat informasi terbaru secara jelas dan pasti,” ujarnya.

Menggunakan smart speaker bisa langsung dihubungkan dengan koneksi internet. Kemudian registrasi menggunakan email, Google, maupun Facebook. Ikuti semua Langkah yang ada.

Fitur unggulan smart speaker ini diantaranya: pemutar musik, radio, podcast dengan beragam tema, informasi seputar kesehatan, pantau Corona, membaca Al-Qur’an, fitur Ramadhan, berita, perkiraan cuaca, kalender, membaca buku, pengingat waktu, alarm, kuis interaktif (periode tertentu), kalkulator, membaca horoskop, serta Q&A (Question and Answer). Smart speaker ini juga hadir dengan kapasitas 8 GB yang bisa diisi dengan lagu format MP3.

BACA JUGA  Daftar Harga Hp Android Murah Berkualitas Terbaru 2020

“Kami berusaha membangun kebiasaan baru pada pengguna di tengah situasi sulit pandemi virus corona ini. Bahkan, smart speaker ini telah dirancang semakin pintar seiring berjalannya waktu. Dengan begitu masyarakat Indonesia bisa mendapatkan akses dan informasi yang berguna dan terperinci,” pungkasnya.

Memiliki ukuran yang relatif mini yakni 95 x 95 mm dan tinggi 180 mm, akan membuat smart speaker ini sangat mudah dibawa kemana pun.

Smart speaker ini dibanderol sekitar Rp1.499 juta dan sudah tersedia di seluruh kota besar di Indonesia.

About syharil

Check Also

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Dari Aplikasi Penyadap Pesan WhatsApp

Pada saat ini tekhnologi telah berkembang pesat dan ilmu pengetahuan terus menerus dikembangkan. Banyak juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *