fbpx
TeknologiTrik & Tips

Simak, Tips Agar Headphone Awet Dan Tahan Lama

Sumber: Kiss FM Medan

Banyak orang mengeluhkan tentang headphone atau earphone yang mereka miliki, suara yang tidak terdengar, kabel putus, hingga produk yang sudah benar-benar rusak, tidak sedikit kejadian tersebut yang ada di masyarakat. Kadang kala mereka akan berfikir, “bila sudah rusak, beli saja yang baru”, namun hal itu ada benar dan salahnya juga. Lalu, bagaimana cara kita supaya menggunakan headphone dengan lebih awet?

Simak beberapa cara berikut ini.

  1. Selalu rapikan serta simpan headphone di tempat yang aman

Kebanyakan orang tidak membereskan headphone atau earphone yang telah mereka pakai, sehingga membuat kabel headphone atau earphone mereka menjadi rusak. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan supaya produk tidak cepat rusak, belajarlah untuk selalu merapikan kabel setelah dipakai. Kadangkala orang mengira bahwa seluruh bagian headphone atau earphone nya rusak, namun sebenarnya hanya kabelnya lah yang rusak. Jika kamu tidak ingin hal itu terjadi, gunakan headphone yang kabelnya dapat dicopot. Atau apabila kamu memang benar-benar tidak ingin berurusan dengan kabel, sebaiknya pakailah headphone atau earphone nirkabel via bluetooth.

BACA JUGA  Resmi Dirilis! PlayStasion 5 Hadir Dengan Dua Versi, Ini Dia Spesifikasinya

Simpanlah headphone atau earphone ditempat yang aman, jauhkan dari jangkauan anak kecil dan juga hewan peliharaan, karena apabila sampai mereka memainkannya, kemungkinan terburuknya adalah headphone atau earphone kamu akan rusak.

  1. Pakailah case pelindung

Hal ini mungkin sangat merepotkan, karena harus menata dan meletakkannya didalam case, namun hal ini juga sangat penting untuk menjaganya tetap aman. Jika sudah dilindungi oleh case, terjatuh pun tidak akan memberi efek serius pada headphone atau earphone anda.

  1. Jangan memainkan dengan volume tinggi

Selain dapat merusak gendang telinga, hal ini juga akan merusak headphone atau earphone kamu, tandanya adalah tiba-tiba suara yang terdengar menjadi sember dan sedikit terdistorsi. Untuk mencegah hal itu, dengarkan lagu dengan volume sedang, selain itu saat akan mencolokkan dan mencabut headphone atau earphone, kecilkan suara pada sumber audio.

  1. Perhatikan sertifikasi IP

Sertifikasi IP (Ingress Protection) adalah tingkat ketahanan suatu produk. Standarnya, IP kemudian diikuti oleh dua digit, contohnya ‘IP6X’ atau ‘IPX8’.

BACA JUGA  Jangan Ragu Bersedekah, Ini Dia 5 Manfaat Yang Dapat Kamu Ambil! (Wajib Tahu)

Digit pertama adalah ketahanan produk terhadap benda padat seperti debu, sentuhan, atau benturan. Sementara digit kedua adalah ketahanan produk terhadap cairan. Digit pertama tertinggi adalah 0 – 6, sementara kedua adalah 0 – 8.

Kalau digit kedua diganti huruf ‘X’, biasanya produsen tidak menguji produk lebih lanjut, namun berasumsi bahwa produk memiliki daya tahan yang baik. Untuk mencari aman, biasanya produsen memberikan kode X.

  1. Pilihlah produk yang telah terjamin kualitasnya

Dari pada membeli produk yang murahan yang tak terjamin kualitasnya, lebih baik membeli produk yang terjamin kualitasnya. Sehingga kita tidak repot membeli produk berkali-kali karena kualitas yang buruk, namun belilah produk yang terjamin, sehingga tidak memerlukan untuk membeli berkali-kali lagi, anggaplah ini sebagai investasi jangka panjang.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat digunakan supaya headphone atau earphone anda tetap awet dan tidak cepat rusak.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close