fbpx
KesehatanTrik & Tips

Simak, Ragam Manfaat Dari Buah Nabi!

Sumber: SULSELONLINE.com

Kurma adalah buah yang tidak asing lagi bagi kita, buah ini sangatlah identik dengan bulan Ramadan, banyak peminat yang membeli kurma untuk makanan berbuka mereka. Kurma merupakan buah yang unik, hal ini karena Allah telah menyebutkan kurma di dalam Al-quran sebanyak 20 kali di 16 surat yang berbeda, Rasulullah juga menjadikan kurma sebagai makanan wajib sehari-hari bagi keluarganya. Nah karena keunikannya tersebut, tidak mungkin buah ini tidak memiliki manfaat. Lalu apa saja manfaat yang terkandung dalam buah kurma tersebut?  Mari kita simak bersama-sama.

  1. Melancarkan proses melahirkan

Menurut dokter Muhammad an-Nasimi dalam kitabnya, mengatakan bahwa perempuan hamil yang akan melahirkan sangat membutuhkan makanan dan minuman yang kaya akan unsur gula dan Vitamin B1. Dan kedua unsur tersebut banyak terkandung dalam buah kurma, kandungan dalam buah kurma sangat mudah dan cepat dicerna oleh tubuh. Buah ini juga mengandung hormon pembangkit kelenjar susu sehingga dapat memperlancar ASI, sehingga cocok diberikan untuk wanita yang sudah melahirkan.

  1. Kaya antioksidan untuk mencegah kanker
BACA JUGA  Sebagian Keluarga Kerajaan Arab Positif Virus Corona

Antioksidan melindungi sel-sel di dalam tubuh dari radikal bebas penyebab peradangan dan kerusakan organ. Antioksidan yang terkandung dalam kurma yaitu flavonoid yang bermanfaat mengurangi resiko alzheimer, diabetes, dan kanker, karotenoid yang menjaga kesehatan jantung dan mata, serta kandungan antioksidan asam fenolik yang dapat mencegah inflamasi dan sejumlah penyakit kanker.

  1. Menjaga kesehatan otak

Studi dari Neural Degeneration Research tahun 2016 ditemukan bahwa kurma berpotensi menghambat produksi protein memicu peradangan bernama interleukin di otak. Selain itu, buah ini juga mengurangi aktivitas protein beta amiloid yang dapat membentuk plak di otak.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah ini kaya akan serat, kandungan kurma terdiri dari serat terutama jenis yang tidak larut. Hal ini akan membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan, dengan kata lain dapat menghindari anda dari masalah diare dan sembelit. Buah ini juga dapat membersihkan usus, sehingga menurunkan potensi anda terkena kanker usus.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Magnesium dan kalium yang terkandung di dalam buah kurma dapat menurunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih sehat, buah ini juga dapat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kurma juga dapat menurunkan resiko penyakit hipertensi, penyakit jantung, dan stroke, karena antioksidan asam fenolik yang dikandungnya.

  1. Memberikan tambahan tenaga bagi yang lemas
BACA JUGA  Tips, Membuat Cendol Rumah yang Enak

Hasil penelitian dari WHO menyatakan bahwa zat gula yang terkandung dalam kurma berbeda dengan buah lain. Zat gula yang dikandung oleh buah kurma tidak memerlukan waktu yang lama untuk diserap oleh tubuh, jika dibandingkan dengan nasi yang membutuhkan waktu sekitar 5 jam, kurma hanya membutuhkan waktu sekitar 45 sampai 60 menit untuk dapat diserap oleh tubuh.

  1. Mengatasi disfungsi seksual

Dikutip dari Organic Facts, kurma dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pada laki-laki, hal itu dikarenakan kadar estradiol dan flavonoid yang terkandung di dalamnya. Di India juga ditemukan bahwa kurma dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan pria.

Itulah tadi beberapa manfaat yang terkandung dalam kurma untuk menjaga kesehatan, makanlah buah ini setiap hari, khususnya untuk santapan berbuka pada bulan Ramadhan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close