fbpx
Home / Gaya Hidup / Foodie / Simak! Penderita Mag Jangan Makan Ini Saat Berpuasa

Simak! Penderita Mag Jangan Makan Ini Saat Berpuasa

Saat bulan Ramadhan seperti saat ini, pilihan makanan juga merupakan hal utama yang berpengaruh sebagai penentu kelancaran ibadah puasa kita sehari-hari.

Pilihan makanan ini sangat penting terutama bagi orang yang memiliki riwayat penyakit, seperti mag. Pasalnya bila memilih makanan yang salah, bukan menjadikan ibadahnya lancar, namun akan membuat perut terasa sakit, sehingga ibadah menjadi terganggu.

Sebaiknya memilih makanan yang benar-benar aman untuk kita, dan menghindari sejumlah makanan yang tidak baik untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari oleh orang yang menderita sakit mag.

Cokelat

Makanan ini merupakan kegemaran banyak orang karena rasa enak dan manis yang dimilikinya. Namun makanan ini juga harus dihindari oleh penderita sakit mag saat berpuasa, pasalnya cokelat mengandung kafein dan stimulan seperti theobromine, yang dapat memicu naiknya asam lambung. Sehingga makanan ini tidak baik dikonsumsi saat bulan puasa.

Soda

Sumber: Galamedianews

Seperti halnya cokelat, soda juga dapat memicu naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan gelembung soda yang terjebak dalam perut dapat mengakibatkan naiknya asam lambung. Minuman ini juga mengandung kafein dan juga bersifat asam, sehingga dapat memperburuk kondisi penderita sakit mag.

BACA JUGA  Sakit Diare? Mungkin Ini Penyebabnya (Wajib Tahu)

Gorengan

Makanan ini memang sangat nikmat untuk dijadikan menu berbuka, namun tidak untuk penderita sakit mag. Karena makanan ini mempunyai banyak lemak, hal ini juga akan menjadi pemicu naiknya asam lambung, sehingga lebih baik makanan ini dihindari saat di bulan puasa.

Susu tinggi lemak

Bagi kamu yang suka mengonsumsi susu, sebaiknya menghindari minuman ini saat bulan Ramadhan. Pasalnya minuman ini juga mengandung banyak lemak yang akan memicu naiknya asam lambung. Sehingga bagi kamu yang memiliki sakit mag, sebaiknya hindarilah minuman ini.

Daging tinggi lemak

Sumber: Klikdokter

Kenaikan asam lambung juga dapat disebabkan oleh jenis daging tinggi lemak seperti sapi dan kambing. Lemak yang mengendap lama di perut akan meningkatkan resiko naiknya asam lambung.

Makanan bercita rasa pedas

Bagi pecinta makanan pedas, rasanya memang kurang lengkap bila tidak ada makanan seperti ini. Namun hal ini harus dihindari oleh penderita sakit mag, pasalnya makanan ini dapat menambah penumpukan asam dalam lambung. Sehingga harus dihindari terutama pada penderita sakit mag.

BACA JUGA  Rokok Tingkatkan Risiko Terkena Covid-19? Ini Penjelasannya!

Itu tadi beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita mag supaya ibadah puasa tetap berjalan dengan lancar.

About syharil

Check Also

Cek Nomer Smartfren | Cara Mengecek Nomer Smartfren dengan Mudah

Cek Nomer Smartfren | Cara Mengecek Nomer Smartfren Smartfren menjadi salah satu provider paling diminati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *