fbpx
CORONA UPDATEDalam NegeriUncategorized

Simak! Beberapa Daerah Ini Melarang Warganya Shalat Ied Berjamaah Di Masjid

Di saat masa pandemi yang terjadi sekarang, pemerintah telah meminta seluruh ibadah di bulan Ramadan termasuk salat Ied untuk menyesuaikan protokol kesehatan yang ada, sebagai upaya mencegah penularan Covid-19. Pemerintah tidak melarang adanya ibadah pada masyarakat, justru melalui Kementerian Agama pemerintah mendorong untuk setiap umat dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadahnya masing-masing.

“Yang kita imbau, yang kita atur adalah peribadatannya, dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dan (sesuai) anjuran beribadah di rumah yang bisa dilakukan bersama-sama,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference, Selasa (19/5/2020).

Merespon pernyataan tersebut, beberapa daerah memiliki kebijakan masing-masing, ada yang secara tegas melarang masyarakat untuk melakukan salat Idul Fitri berjamaah di Masjid, ada juga yang melonggarkan hal tersebut.

Untuk mengetahuinya, berikut ini daerah yang menghimbau shalat di rumah.

Malang

Larangan ini disampaikan oleh Walikota Malang Sutiaji, karena Malang yang saat ini juga telah menerapkan PSBB, mereka juga menganggap untuk mendeteksi jamaah salat Idul Fitri dinilai lebih sulit dilakukan. Hal ini berbeda dengan salat tarawih, yang diprediksi akan lebih banyak orang berdatangan saat salat Idul Fitri.

BACA JUGA  Ini Dia Tips Untukmu Yang Ingin Bersilaturrahim Secara Online, Perlu Kamu Coba!

“Ini kan kita nggak tahu siapa orangnya. Kalau jumatan mungkin hanya orang-orang yang di sekitar, kalau tarawih orangnya juga itu itu saja,” ujarnya.

Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengimbau warganya untuk tetap melakukan salat Idul Fitri di rumah.

“Jangan sampai perjuangan selama dua bulan di rumah saja berakhir dengan terjangkit virus karena shalat di lapangan,” ungkapnya.

Arinal berharap seluruh masyarakat kompak dan sejalan untuk mematuhi kebijakan yang ada, ia juga menghimbau kepada masyarakat dengan melakukan kampanye yang masif. Spanduk-spanduk, di media sosial, semua harus ikut menyebarkan imbauan ini.

Depok

Walikota Depok dengan mengacu Surat Edaran Gubernur Jawa Barat yang juga diperkuat dengan adanya Fatwa MUI, mengeluarkan kebijakan kepada masyarakat untuk melakukan salat Idul Fitri diselenggarakan di rumah masing-masing, baik secara berjamaah, bersama keluarga inti, maupun secara sendiri-sendiri.

Ia juga menambahkan untuk kegiatan takbir di masjid atau mushola dilaksanakan oleh petugas yang telah ditunjuk dan meniadakan kegiatan takbir keliling.

Jawa Timur

BACA JUGA  Waspada, Inilah Bahaya Kutu Pada Hewan Peliharaan

Untuk menekan angka penyebaran virus, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghimbau masyarakat untuk melakukan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Mengingat bahwa seluruh wilayah di provinsi yang dipimpinnya nya telah  masuk dalam zona merah.

“Karena itu, kita mengimbau warga untuk salat Ied di rumah masing-masing,” ujar Khofifah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close