fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Dalam Negeri / Simak 7 Kata Inspiratif Ki Hajar Dewantara Berikut!

Simak 7 Kata Inspiratif Ki Hajar Dewantara Berikut!

Sumber: RomaDecade

Siapa yang tak kenal dengan Ki Hajar Dewantara, ia adalah Bapak Pendidikan Nasional Indonesia. Tentu jasanya tidak hanya sedikit, jasanya yang besar itulah yang menjadikannya sebagai Tokoh Pendidikan yang saat ini banyak dikenal.

Nah, disini akan dijelaskan beberapa kata inspiratif yang pernah dikatakan  oleh Bapak Pendidikan Nasional tersebut, yang dapat menginspirasi para pelaku pendidikan di Indonesia.

  1. Ing Ngarsa Sung tuladha, ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani

Maksud dari kata Ki Hajar Dewantara tersebut adalah di depan memberi contoh, ditengah memberi semangat, dan di belakang memberi memberi kekuatan. Bagi guru, seorang pendidik harus memberi teladan yang baik bagi muridnya,  di tengah murid, guru juga harus menciptakan perkara dan ide, sementara di belakang guru harus memberi semangat, dorongan, serta arahan.

  1. Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah

Ki Hajar Dewantoro menegaskan bahwa masyarakat  haruslah melaksanakan pendidikan meskipun ia sedang di rumah,  dan guru bagi setiap rumah adalah orang tua. Setiap orang pun harus siap menjadi guru, maka berbagi ilmu dengan sesama merupakan sesuatu yang harus dilakukan.

  1. Dengan ilmu kita menuju kemuliaan
BACA JUGA  Nekad? Indonesia Akan Cetak Uang Besar-Besaran

Orang yang kaya namun tidak memiliki ilmu tidak akan dimuliakan orang lain, namun bila orang tersebut memiliki ilmu meskipun kondisi ekonomi yang dibawah rata-rata, maka orang tersebut pasti akan dimuliakan. Hal ini menandakan bagaimana ilmu dapat menjunjung tinggi kemuliaan seseorang.

  1. Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya

Di sini Beliau juga menjelaskan bahwa seseorang haruslah bermanfaat baik bagi dirinya sendiri, bangsanya, maupun dunia. Tidak ada perbuatan yang sia-sia, bila memang perbuatan ditujukan untuk kebaikan, pasti hal itu akan membawa manfaat bagi banyak pihak.

  1. Pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju arah kebahagiaan batin serta serta keselamatan hidup lahir

Hal ini beliau tegaskan supaya masyarakat tidak kehilangan jati dirinya, Indonesia memiliki kebudayaan sendiri, berbeda dengan bangsa lain, maka sebagai warga Indonesia, kita harus mau dan menjunjung tinggi kebudayaan serta kemasyarakatan yang ada di negara kita, menuju kebahagiaan lahir batin yang diimpikan oleh warga Indonesia.

  1. Hormatilah, dalam pada itu segala adat istiadat yang kuat dan sehat, yang terdapat di daerah-daerah dan yang tidak mengganggu atau menghambat persatuan negara dan bangsa Indonesia
BACA JUGA  KFC Sepakat Potong Gaji dan Tunda THR

Berbeda-beda namun tetap satu, dalam bernegara kita harus memiliki toleransi antar adat istiadat yang ada di setiap daerah di Indonesia, asal tidak mengganggu persatu dan kesatuan bangsa Indonesia. Hal itu tidak lah masalah, bahkan akan membuat Indonesia terkenal sebagai bangsa besar yang kaya akan ragam kebudayaannya.

  1. Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu

Pendidikan sangatlah penting bagi seorang anak, pendidikan akan menentukan bagaimana anak itu tumbuh, menjadi apa anak itu. Janganlah menyepelekan sebuah pendidikan, seseorang bisa berhasil karena pendidikan yang dimilikinya.

Itulah beberapa kata pilihan yang mungkin dapat menginspirasi kita untuk semakin menjunjung tinggi pendidikan yang ada di Indonesia.

About syharil

Check Also

Jangan Khawatir Tidur Tidak Nyaman, Ini Dia Rekomendasi Bantal Terbaik yang Akan Membuatmu Tidur Pulas

Saat seseorang tidur tentu mereka menginginkan posisi yang nyaman, sehingga membuat mereka tertidur dengan lebih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *