fbpx
InternetTeknologiTrik & Tips

Simak, 3 Fitur Google Classroom Ini Juga Harus Diketahui Oleh Guru

Pada kondisi seperti saat ini dimana berbagai macam kegiatan harus dilakukan secara terbatas, tentu membuat banyak orang menjadi tidak leluasa untuk melakukan berbagai hal, khususnya dalam bekerja ataupun melakukan pembelajaran. Namun untungnya, berbagai fasilitas serta fitur online hadir untuk membantu situasi di tengah pandemi Covid-19.

Seperti halnya pada segi pendidikan, para guru dan siswa yang ingin melaksanakan pembelajaran dapat menggunakan salah satu aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh orang yaitu Google Classroom. Tidak hanya memberi bantuan dalam memulai serta menggunakan aplikasi ini, namun Google juga menjelaskan berbagai informasi tentang kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi video konferensi tersebut.

Salah satu kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang adalah di saat situasi minim konektivitas, aplikasi ini tetap bisa digunakan bahkan tanpa jaringan wifi sekalipun. Fitur ini disebut dapat digunakan jika pengguna mendaftar dan mengatur akses offline ke semua orang. Namun perlu diketahui bahwa maksud dari dapat digunakan secara offline tidaklah 100%, pengguna harus mengaktifkan data terlebih dahulu saat melakukan log in dan juga dalam mendownload file atau dokumen.

BACA JUGA  Perhatikan Penyebabnya, Mungkin Ini Yang Membuat AC Mobil Kurang Dingin

Selain itu, Google juga menjelaskan bahwa untuk mempertimbangkan dalam meluangkan waktu untuk membimbing siswa dan juga staff melalui proses saat berada pada jaringan wifi sekolah. Pada blog Google juga telah dijelaskan bagaimana cara menggunakan Google Classroom secara offline dengan lengkap.

Fitur kedua yang sangat bermanfaat bagi siswa adalah adanya pembaca layar pada classroom bagi siswa yang memiliki kebutuhan khusus yakni tunanetra. Untuk mengetahui lebih lanjut, pengajar dapat mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara dan langkah-langkah menggunakannya. Juga termasuk fitur aksesibilitas lain yang dapat digunakan dengan menautkan ke dalam G Suite for Education yang kesemuanya berfungsi pada Google Classrooms.

Sementara itu, fitur yang ketiga yang tentu juga harus diketahui oleh pengajar atau guru adalah mereka bisa bergabung dalam komunitas untuk mendapatkan berbagai tips, yakni tentang cara berinteraksi dengan para siswa, serta motivasi dalam pembelajaran. Dalam situs mengajar dari rumah, para pengajar dapat mendapatkan berbagai referensi yang dapat membantu mereka dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjutnya pengguna dapat melihat pelatihan di Teacher Center dan juga dapat mendapatkan informasi tentang strategi pembelajaran jarak jauh di Education blog Google.

BACA JUGA  Mimpi Buruk Terus Menerus, Mungkin Ini Penyebabnya. Simak Cara Mengatasinya!

Sementara untuk kamu yang ingin lebih mengetahui platform ini, tentang cara download dan mengirim tugas di Google Classroom, kamu dapat melihat lebih lanjut di classroom.google.com.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close