fbpx
Mobil & MotorTrik & Tips

Sering Berkendara Malam? Kamu Wajib Tahu Tips Agar Perjalananmu Tetap Aman

Buat kamu yang sering keluar malam, atau biasa pulang kerja saat malam hari, pasti akan menemui yang namanya gelap di waktu malam. Nah, dengan kondisi yang seperti ini, kalian pasti akan lebih sulit melihat jalan dibandingkan dengan siang hari. Kalaupun tidak dibekali dengan persiapan yang baik, hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi.

Tidak hanya persiapan dalam mental, namun persiapan kelengkapan berkendara juga tidak kalah penting. Motor yang tidak memiliki kelengkapan dalam berkendara malam, tidak hanya bisa membahayakan dirinya sendiri, namun juga orang lain.

Tentu hal ini perlu persiapan ekstra. Untuk itu, bagi kamu yang ingin tetap aman berkendara saat malam hari, mari kita simak beberapa tips berikut ini.

  1. Gunakan lampu utama yang lebih terang

Lampu merupakan hal yang penting saat berkendara, selain sebagai penerangan jalan, lampu juga berguna sebagai tanda akan keberadaan kita atas orang lain.

Untuk itu, pilihlah warna lampu kuning atau putih saja, jangan gunakan yang warna-warni karena lampu tidak terlalu terang. Untuk pemakaian lampu warna putih, sebagai catatan lampu ini memang terang, namun tidak bisa menembus cahaya kabut.

BACA JUGA  Kuy, Intip Resep Mudah Membuat Sambal Matah
  1. Atur sudut ketinggian lampu

Ini juga tidak kalah penting karena apabila lampu terlalu ke atas maka akan menyilaukan pengendara lain sehingga pengendara lain pandangannya menjadi terganggu, juga atur supaya tidak terlalu rendah, karena itu akan mengganggu jarak pandangmu yang semakin pendek. Aturlah sudut lampumu sebaik mungkin, baik untukmu ataupun bagi pengendara lain.

  1. Pastikan lampu rem dan indikator bekerja normal

Sangat membahayakan apabila lampu rem atau indikator alias sein tidak bekerja dengan baik, khususnya untuk pengendara yang ada di belakang kita. Bisa saja karena lampu yang tidak bekerja, pengendara lain akan menabrak kita karena tidak melihat lampu rem atau sein menyala. Jadi, periksalah lampumu setiap akan berkendara.

  1. Gunakan reflective tape

Reflective tape adalah lakban mengkilap yang dapat memantulkan cahaya. Fungsi dari reflective tape ini adalah memberikan tanda bagi kendaraan lain saat berada dalam kondisi lingkungan yang minim pencahayaan seperti malam hari.

  1. Gunakan pakaian dengan warna yang mudah terlihat

Hal ini penting dilakukan supaya warna pakaian yang kita pakai tidak sama dengan warna gelapnya malam hari, sehingga akan membuat orang lain mudah untuk melihat kita.

BACA JUGA  Wajib Tahu! Tindakan Ini Dapat Membuat Rasa Kepercayaan Pasanganmu Menjadi Luntur

Itulah beberapa tips aman dalam berkendara saat malam hari, pastikanlah dirimu dan orang lain selalu dalam kondisi aman saat berkendara pada malam hari ya sob.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close