fbpx
Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Sembuhkan Luka Sariawan Dengan Beberapa Cara Berikut Ini

Sembuhkan Luka Sariawan Dengan Beberapa Cara Berikut Ini

Kondisi kesehatan seseorang pastilah berbeda-beda, kadang jika seseorang kekurangan cairan atau vitamin C, masalah kesehatan seperti sariawan mudah dialami. Hal ini pasti akan mengganggu aktivitasmu, baik saat berbicara, makan, maupun melakukan berbagai hal lainnya.

Saat sariawan tersentuh ataupun tergigit, pasti akan menimbulkan sakit yang luar biasa, bahkan bisa membuat mulutmu bengkak hingga pening di kepala. Untuk meredakan masalah ini, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan.

Berikut ini beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meredakan sariawan.

Mengonsumsi nutrisi yang tepat

Mengonsumsi nutrisi yang tepat seperti seng, asam folat, zat besi, vitamin C, atau vitamin B12 akan mampu membantu menghilangkan dan menyembuhkan luka karena sariawan.

Mengendalikan stres

Sariawan ternyata juga bisa disebabkan karena tekanan psikologis dan gangguan hormonal, untuk itu agar kamu bisa cepat sembuh dari sariawan tersebut, kamu harus belajar untuk mengendalikan pikiranmu supaya tidak terjadi stres.

Mengonsumsi nutrisi tertentu

Mengonsumsi beberapa makanan seperti makan buah kiwi, minum jus lidah buaya, ataupun berkumur dengan air garam yang hangat akan membantumu dalam menyembuhkan sariawan yang kamu alami.

BACA JUGA  Apa yang Terjadi Jika 10 Hari Berturut-turut Mengkonsumsi Bawang Putih?

Menggunakan tomat

Dengan meletakkan tomat di atas luka sariawan akan membantumu dalam mengatasi masalah ini. Tomat mengandung bahan alami yang dapat menyembuhkan sariawan dengan lebih cepat.

Oleskan bawang dan es batu

Dengan mengoleskan bawang merah mentah ataupun es batu, ternyata hal ini bisa menyembuhkan sariawan yang sedang kamu alami.

Atur cara makan

Mengatur cara makan agar tidak menambah parah luka sariawan juga bisa menjadi solusi. Jika kamu tidak mengatur cara makanmu, bisa saja makanan yang kamu makan akan menambah luka yang ada di mulutmu, atau bahkan kamu bisa menggigit luka sariawanmu sendiri. Sebaiknya makanlah makanan yang lebih halus daripada biasanya

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sariawan yang terjadi adalah diakibatkan karena adanya virus dan mikroorganisme yang berada di dalam mulut yang sehat. Untuk mengatasinya, konsumsilah beragam makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh mu supaya dapat menyembuhkan serta menghindari sariawan.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan dalam mengurangi dan menyembuhkan luka sariawan yang kamu alami. Jagalah selalu kesehatanmu, supaya terhindar dari segala jenis penyakit.

About syharil

Check Also

8 Susu Formula Bayi Terbaik, Aman & Rekomendasi Dokter | Terbaru 2020

Susu adalah salah satu sumber yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Di dalam susu, memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *