fbpx
Dalam Negeri

Semarang Zona Merah, Ganjar Minta Dilakukan Pengkajian PSBB

Sumber: TodayLine.Me

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi akan mengkaji pengajuan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menurutnya pengkajian sangatlah penting untuk pemenuhan kebutuhan pokok warga. Pria yang akrab disapa Hendi itu menjelaskan bahwa PSBB dikaji dengan teliti dan cermat terlebih dahulu.

“Pemberlakuan PSBB itu harus dihitung semuanya secara cermat, terutama terkait daerah-daerah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang,” kata Hendi kepada wartawan, Jumat (17/4/2020). Hendi menjelaskan bahwa juga telah berkomunikasi dengan Gubernur Jawa Tengah yaitu Ganjar Pranowo. Pihaknya pun siap jika kondisi saat ini mengharuskan adanya PSBB di kota Semarang.

“Kalau memang petunjuk beliau begitu, segera kita persiapkan untuk menuju PSBB. Harus dikaji benar kemampuan logistik dan pemenuhan kebutuhan pokok warga selama penerapan tersebut,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya bahwa Kota Tegal sudah menerima persetujuan oleh Kemenkes untuk penerapan PSBB. Selanjutnya, Ganjar juga menuturkan bahwa “Belum-belum (ada daerah lain di Jateng yang mengajukan PSBB), yang lain belum, tapi saya kira yang harus dicermati Kota Semarang. Kota Semarang dicermati betul-betul agar semua mengerti, karena malam itu kafe-kafe masih banyak yang nongkrong,” kata Ganjar. Jumat (17/4/20).

BACA JUGA  Pemberlakuan Ganjil Genap Pada Masa PSBB Transisi

Ganjar mengatakan juga perlu dicermati jumlah kasus virus Corona di Kota Semarang agar bisa menghentikan penambahan jumlah pasien Corona. Ganjar kemudian memberi contoh 46 tenaga medis RSUP dr Kariadi, Semarang yang tertular virus corona.

“Kalau kemudian kita tidak bisa mengendalikan, saya khawatir nanti itu apa namanya bisa menambah jumlah pasien. Ya, kita belajar dari yang terjadi di Rumah Sakit Kariadi hanya karena tidak jujur ada sekian dokter dan perawat kena itu membahayakan lini terakhir kita, garda terakhir kita,” lanjutnya. Ia berharap masyarakat juga paham terkait kondisi pandemi Corona ini sehingga semua saling membantu. Menurutnya tidak hanya pemerintah, tapi juga warga harus turut berperan agar pandemi Corona cepat berlalu.

“Mari publik semuanya juga memahami soal ini bantulah kita semua tidak hanya pemerintah yang minta bantuan, kita semua, manusia, dan ini urusan kemanusiaan agar semua bisa menjaga diri,” kata nya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close