fbpx
Home / Apa yang Sedang Dunia Bicarakan / Semalam, 1.181 Mobil Mudik Diminta Putar Balik

Semalam, 1.181 Mobil Mudik Diminta Putar Balik

Sumber: CakapCakap

Diketahui “Mulai tadi malam pukul 00.00 WIB, di jalan tol dilakukan penyekatan di dua titik yaitu Bitung arah Merak dan Cikarang Barat arah Cikampek,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Jumat (24/4).

Berdasarkan data dari Ditlantas Polda Metro Jaya, terdapat sebanyak 1.181 kendaraan diminta putar balik ke wilayah Jabodetabek terpantau  sejak pukul 00.00-05.00 WIB.

Terdapat 498 kendaraan di gerbang tol Bitung dan 683 kendaraan di gerbang tol Cikarang. Sebelumnya, dari pantauan wartaniaga.com di Gerbang Tol Cikarang Barat, mayoritas kendaraan yang diminta putar balik ke Jakarta adalah bus penumpang tujuan sejumlah daerah di luar wilayah Jabodetabek.

Selanjutnya menurut penuturan Kepala Bagian Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali mengatakan pihaknya sudah meminta sekitar 700 kendaraan untuk putar balik. Dimana 700 kendaraan tersebut terindikasi akan mudik melalui Jalan Tol Jakarta- Cikampek.

Secara resmi dalam pers Presiden Joko Widodo mengeluarkan keputusan untuk melarang mudik di tengah pandemi virus corona. Pelarangan mudik ini dalam rangka memutus dan menekan mata rantai penyebaran virus corona.

BACA JUGA  Kota Semarang Berpotensi Jadi Episentrum Covid-19
Sumber: Megapolitan Kompas

Larangan mudik ini mulai diterapkan pada Jumat 24 April sampai 31 Mei untuk kendaraan bermotor. Kemudian untuk transportasi kereta api sampai 15 Juni, transportasi laut sampai 8 Juni, serta transportasi udara sampai 1 Juni 2020.

Petugas kepolisian juga mengutamakan  tindakan persuasif dan pelanggar akan diminta untuk berputar arah pada tahap awal 24 April sampai 7 Mei. Kemudian, pada tahap penegakan hukum, 7-31 Mei, pelanggar diminta putar arah dan juga diberikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Namun, peraturan tersebut tidak berlaku bagi angkutan logistik, obat, mobil jenazah, dan ambulans.

Berkaitan dengan larangan mudik itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mempersiapkan 18 pos pengamanan terpadu untuk menyekat dan mengawasi lalu lintas orang keluar maupun masuk wilayah Jabodetabek.

Sebagai tambahan , juga dilakukannya penyekatan kendaraan yang akan keluar wilayah Jabodetabek di Gerbang Tol Bitung, Tangerang dan Gerbang Tol Cikarang Barat, Bekasi. Penyekatan ini merupakan dari kebijakan larangan mudik yang mulai berlaku mulai hari ini, Jumat (24/4/2020) dini hari.

About dewi

Check Also

Tidak Diketahui Oleh Banyak Pelanggan Tri, Ternyata Inilah Fungsi Dari Poin Bonstri

BonsTri merupakan sebuah program atau even yang mengandalkan sebuah poin yang dikumpulkan dari provider atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *