fbpx
Dalam NegeriTeknologi

Semakin Mudah Membayar Zakat Dari Rumah Lewat Aplikasi Berikut Ini!

Disaat teknologi yang saat ini berkembang pesat, kita tidak perlu lagi melakukan berbagai hal (seperti berbelanja, membayar tagihan listrik, dsb) dengan harus keluar rumah, namun berbagai hal tersebut juga dapat kita lakukan melalui gadget meskipun tidak harus keluar rumah.

Berhubungan dengan itu, saat ini umat Islam di seluruh dunia sedang melakukan puasa Ramadan, dan di saat puasa ramadhan yang saat ini hampir habis kita diwajibkan untuk membayar zakat sesuai ketentuan yang ada.

Saat ini, umat islam bisa membayar zakat secara online lewat situs lembaga zakat maupun aplikasi dompet digital dan marketplace online yang telah bekerjasama dengan lembaga amil zakat untuk menyalurkan dana yang terkumpul lewat mereka.

Untuk itu, mari kita simak beberapa aplikasi dompet digital dan belanja online yang dapat digunakan untuk membayar zakat.

  1. DANA

Dompet digital DANA hadir untuk para pengguna supaya bisa menyalurkan zakat fitrah maupun zakat profesi, mereka telah bekerjasama dengan lembaga Dompet Dhuafa untuk membayar zakat secara online.

BACA JUGA  Twitter Matikan Layanan SMS Dan Hapus Jutaan Akun

Pengguna hanya tinggal membayar dengan mengklik fitur Dompet Dhuafa kemudian masukkan nominal zakat yang akan dibayar dengan klik Pay Zakat.

  1. Gojek

Kali ini Gojek bekerja sama dengan beberapa lembaga yang dapat digunakan untuk menyalurkan zakat yaitu Kitabisa.com, BAZNAS, Dompet Dhuafa, Yayasan Rumpun Anak Pesisir, Griya Yatim dan Dhuafa.

Para pengguna dapat membayar zakat dan donasi lewat fitur GoGive. Adapun jenis zakat yang dapat dibayarkan antara lain zakat fitrah, zakat untuk anak yatim, serta zakat untuk lansia dan dhuafa.

  1. LinkAja

Dari aplikasi ini kita dapat membayar zakat melalui layanan LinkAja Syariah. Program zakat dan sedekah ini berbasis pada Kelurahan yang dimulai di area Jakarta bekerja sama dengan BAZIS DKI.

Selain itu, pengguna juga  dapat memilih LinkAja Berbagi untuk memberikan donasi, zakat, dan sedekah lewat lembaga yang bekerjasama dengan mereka, antara lain BAZNAS, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat.

  1. Tokopedia

Tokopedia bekerjasama dengan BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat, dan NU care-lazisnu untuk menyalurkan zakat fitrah. Sementara itu, pengguna juga dapat menyalurkan zakat mal melalui kerjasama Tokopedia dengan Dompet Dhuafa, BAZNAS, Rumah Yatim, Rumah Zakat, Lembaga Amil Zakat Al Azhar, NU care-lazisnu, lazismu dan Inisiatif zakat Indonesia.

  1. Bukalapak
BACA JUGA  KAI Berhenti Beroperasi, Simak Prosedur Pembatalan Tiket Kereta Api Berikut!

Untuk membayar zakat menggunakan Bukalapak, pengguna cukup memilih zakat, nominal zakat, dan kemana zakat akan disalurkan melalui lembaga yang telah disediakan.

Saat ini Bukalapak bekerjasama dengan Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, NU care-lazisnu, BAZNAS, lazismu dan Pusat Zakat Umat.

  1. Kitabisa

Aplikasi ini menggandeng tiga organisasi pengelola zakat untuk meluncurkan fitur zakat online. Ketiga organisasi pengelola zakat itu meliputi Badan Amil zakat Nasional (BAZNAS),  Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat.

  1. Amalin

Dengan aplikasi ini, pengguna hanya tinggal memilih jenis zakat, kemudian menghitung nominal zakat dengan kalkulator zakat di dalam aplikasi tersebut. Aplikasi ini akan menyalurkan zakat dari para pengguna kepada organisasi pemberdayaan masyarakat, pelayanan dhuafa, dakwah, dan advokasi zakat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close